3 Teknik Ini Bisa Bikin Mahir Dalam Mengemudi Mobil Jika Didalami

07/08/2018| Abdul

Dalam mengendalikan Mobil, salah satu aspek yang penting adalah pengendalian pada bagian kemudi atau stir. Apalagi keterampilan pengemudi sudah baik, tentunya keselamatan serta keamanan akan lebih meningkat.

Nah berikut ini merupakan teknik dalam mengoperasikan setir supaya mahir dalam mengemudi Mobil yang dilansir dari GridOto.

1. Teknik dalam memegang setir Mobil

Dalam memegang setir diperlukan pemahaman dan juga rasa terbiasa. Dengan begitu, tanpa disuruh atau dipaksa akan dengan mudah meletakkan tangan pada kemudi Mobil dengan baik dan benar. Adapun hal yang paling mendasar dalam memegang kemudi yaitu memposisikan jarak tangan dengan kemudi Mobil jangan sampai terlalu jauh ataupun dekat. Tujuannya adalah pergelangan tangan terhadap setir tidak terbatas.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi Mobil dengan posisi jam 9 dan jam 3

Posisi tangan yang baik dan benar bisa mempermudah saat melakukan manuver

Dalam memegang kemudi Mobil posisi yang tepat adalah tangan kiri pada arah jam 9 dan tangan kanan berada di arah jam 3. Namun hal ini juga bisa berubah tergantung dari postur tubuh seseorang. Bila terlalu tinggi dan tidak nyaman menggunakan posisi tersebut, bisa merubahnya menjadi tangan kiri di jam 10 dan tangan kanan di jam 2. Begitu juga bagi orang yang berpostur pendek, bisa memposisikan tangan kiri di jam 8 dan tangan kanan di jam 4.

Dengan begitu pengemudi bisa melakukan manuver lebih baik, apalagi saat terdapat sesuatu secara mendadak bisa dengan sigap menghindar.

>>> Mungkin tertarik, Kenali Bahaya Microsleep Saat Mengemudi, Lakukan Ini Untuk Menghindari

2. Menggunakan metode Pull dan Push ketika mengoperasikan setir

Metode pull dan push merupakan salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pengemudi Mobil. Untuk prinsip dasarnya dalam melakukan metode ini adalah dengan menggunakan satu tangan dalam menarik setir ketika sedang melakukan manuver ataupun ketika berbelok. Setelah itu tangan satunya membantu dengan mendorong kemudi Mobil.

Dalam hal ini supaya lebih jelas bisa melihat video di bawah ini:

Dalam video yang berada di Pormadi Channel menunjukkan tata cara dalam melakukan teknik pull and push. Selain itu terdapat komentar yang juga memberikan informasi penting dalam melakukan teknik ini.

“Teknik pull-push atau biasa juga disebut feeding the wheel memang lebih santai, tapi hanya cocok utk tikungan/belokan yg sederhana atau bisa diantisipasi. Sedangkan untuk belokan yg sulit dan cepat yg memerlukan kontrol yg lebih baik, maka disarankan untuk menggunakan teknik hand over hand (tangan bersilang). Saya sendiri menggunakan kedua teknik, dan disesuaikan dgn situasi dan kondisi”. Tulis Lex Soft dalam komentarnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

3. Menggunakan metode crossing saat mengoperasikan setir

Adapun teknik yang dapat dilakukan supaya mahir dalam mengemudi Mobil yang terakhir adalah metode Crossing. Yang mana teknik ini merupakan hasil dari pengembangan yang didapat dari para expert pada saat melakukan praktek di lapangan. Namun jika dilihat memang menggunakan dasar metode pull and push.

Dalam metode ini perlu melakukan pergerakan yang lebih cepat, selain itu sudut putarannya tidak bisa diprediksi dengan mudah. Dengan metode ini akan memberikan gerak yang lebih luas dan juga besar saat melakukan manuver. Oleh sebab itulah penggunaan metode ini sangat tidak disarankan bagi pengendara yang baru atau pemula.

(Sumber video GridOto)

Demikian informasi mengenai teknik memegang setir agar mahir Dalam Mengemudi Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International