Jenuh Duduk di Museum, Mobil Klasik Aston Martin Dapatkan Tenaga Listrik

08/12/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Elektrifikasi tidak harus hanya untuk mobil baru. Tidak ada salahnya jika kita mengambil mobil klasik tua dan mengubahnya menjadi mobil listrik. Seperti yang didapatkan oleh mobil klasik Aston Martin ini.

Dibandingkan menjadi pemenuh museum atau gudang dan hanya menjadi pajangan, sepertinya Aston Martin ingin membuat mobil klasiknya menjadi lebih baru dan bisa dikendarai. Itulah sebabnya mobil klasik Aston Martin ini mendapatkan tenaga listrik terbarunya dimana pabrikan asal Inggris ini meluncurkan rencana baru konversi powertrain mobil listrik mereka.

Gambar Aston Martin Volante berwarna putih

Aston Martin DB6 MkII Volante keluaran 1970

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pengembangan sedan listrik penuh Rapide E dan jajaran Lagondas bebas emisi, lini kendaraan klasik dari Aston Martin akan mendapatkan komponen dari program Rapide E. Mobil pertama yang akan mendapatkan powertrain baru adalah Aston Martin DB6 MkII Volante keluaran 1970.

>>> Polisi Kejar Pengemudi yang Tertidur di Mobil Semi-Otonom Tesla Sejauh 11 Kilometer

Mesin yang terbungkus dalam sel sendiri akan berada di atas mesin asli dan penyangga girboks Volante. “Kabel pusat dari unit daya kemudian memberi makan sistem kelistrikan mobil. Manajemen daya dioperasikan melalui layar khusus, yang dipasang secara ke interior mobil,” dalam penjelasan resmi perusahaan.

Gambar mobil listrik Aston Martin Volante

Aston Martin Volante bisa diisi tenaga dengan listrik

Aston Martin tampaknya memahami bahwa kolektor mobil klasik adalah orang-orang yang rewel dan peduli dengan ‘integritas’ mobil aslinya, sehingga sistem kaset ini bisa dilepas jika sang pemilik menginginkan powertrain asli kembali. Tetapi jika tidak ada lagi bahan bakar yang tersedia di Bumi, Aston Martin klasik ini bisa berjalan.

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Seperti yang sudah diberitakan, peraturan emisi telah dikencangkan oleh berbagai kota besar di seluruh dunia. Jika sang pemilik ingin mengendarai Aston klasik mereka di daerah yang melarang kendaraan diesel atau emisi berlebih, menggunakan tenaga listrik menjadi satu-satunya pilihan.

Gambar Aston Martin Volante di jalan

Dengan tenaga listrik, Volante bisa dibawa kemana saja

Memang, menggunakan tenaga listrik akan membuang suara asli kendaraan. Bagi pemilik yang menginginkan kendaraannya se-orisinil mungkin, termasuk suara aslinya, sepertinya akan menentang penggunaan tenaga listrik. Tetapi jika mesin baru bisa membawa mobil berjalan-jalan dan baik untuk lingkungan dibandingkan duduk diam di museum, kenapa tidak?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca