Terowongan Bawah Tanah Boring Company: Lebih Cepat dan Tanpa Kemacetan

21/12/2018| Padli Nurdin

Biaya lebih dari $ 10 juta, atau Rp 144 Miliar untuk membangun terowongan bawah tanah sepanjang 1.8 kilometer di bawah jalan Hawthorne, California. Terowongan prototipe adalah konsep bagaimana Musk membayangkan masa depan transportasi untuk mengurangi padatnya jalanan.

Gambar Tesla Model S berwarna putih

Elon Musk menggunakan Tesla Model S sebagai bahan pengujian

"[Mobil-mobil itu] mampu melakukan perjalanan dengan aman di atas 240 km/jam. Pada kecepatan itu, itu akan terasa seperti berpindah di dalam kota." kata Musk di Twitter, "Semua Boring Loop akan mencakup mobil yang terus bersirkulasi yang didedikasikan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda."

>>> Mobil Cepat, Ponsel Cepat, McLaren Edition 6T yang Penuh Gaya

Boring Company telah memperhitungkan ukuran terowongan sebagai langkah penghematan uang; mengurangi diameter keseluruhan untuk memangkas biaya produksi. Yang perlu diperhatikan bawah Model X dalam video tersebut tidak menggunakan platform, melainkan meluncur melintasi dua strip beton yang ditempatkan untuk membuat kontak dengan ban kendaraan.

Gambar terowongan Tesla

Terowongan Boring Company siapkan dua beton sebagai lintasan

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Di masa lalu, Boring Company diharapkan untuk memuat kendaraan ke lintasan listrik melalui terowongan dan meluncur ke terminal yang telah ditentukan. Konsep ini telah berubah, dengan Musk mengungkapkan bahwa ide sekarang akan mengubah kendaraan meluncur dengan memasang rol panduan dan mengirimnya sepanjang trek dalam terowongan.

Model X yang diuji pada acara tersebut menunjukan prototipe dari produk akhir. Roda gigi yang sebenarnya menjadi teknologi teranyar Tesla untuk kendaraan masa depannya akan dikunci dan baru bisa digunakan dalam terowongan Boring Company Loop. Musk mengklaim bahwa teknologi ini menjadi opsi pabrikan dengan biaya sekitar $ 200 atau $ 300 (atau sekitar Rp 30 atau 40 jutaan).

>>> Update harga mobil terbaru dan terlengkap berbagai merek di sini

Ini cara terowongan bawah tanah Tesla beroperasi

Terowongan uji dimulai dari tempat parkir di salah satu perusahaan lain Musk, X Space, dan muncul di tempat lain di Hawthorne. Sementara terowongan ini dibangun untuk tujuan penelitian, Musk mengatakan bahwa ia berharap terowongan ini akan menjadi bagian dari jaringan yang mencakup Los Angeles yang lebih besar.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International