Target Zero ODOL 2023, Operator Jalan Tol Optimis Bisa Tercapai

11/03/2020 | Fatchur Sag

Program pemberantasan truk kelebihan dimensi dan muatan mendapat dukungan dari banyak pihak, salah satunya PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). Operator jalan tol Wiyoto-Wiyono itu optimis target Indonesia bebas ODOL pada tahun 2023 (Zero ODOL 2023) bisa tercapai.

Bentuk dukungan

Foto menunjukkan saat Razia truk ODOL di jalan tol

Truk ODOL terus dibatasi ruang geraknya

Dukungan PT CMNP diimplementasi di lapangan dengan melarang truk ODOL melewati ruas tol Cakung, Cawang, dan Pluit dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00WIB. Pelarangan ini sesuai kesepakatan bersama tentang penegakan hukum terhadap truk ODOL sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan. Dengan larangan tersebut rute dialihkan ke Cawang, Tanjung Priok, dan Jembatan Tiga.

Menurut Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada Djoko Sapto, ada banyak dampak dengan beroperasinya truk-truk ODOL di jalan tol mulai dari meningkatnya potensi kecelakaan, lalu lintas semakin tersendat hingga mempercepat kerusakan jalan.

“Intinya tingkat pelanggaran muatan angkutan barang memberi dampak yang pertama adalah tingkat kecelakaan dan menurunnya laju kecepatan di jalan tol berikutnya adalah peningkatan dari biaya pemeliharaan akibat kerusakan daripada jalan yang lebih awal dari umur layanan yang semestinya,” tutur Djoko, seperti dikutip dari Bisnis, 10/3/2020).

>>> Sering Tak Digubris, Ini 8 Potensi Bahaya Truk ODOL

Foto sebuah kelebihan muatan mengalami kecelakaan

Potensi bahaya truk ODOL lebih besar dibanding manfaatnya

Yang penting kompak dan komitmen

Operator jalan tol Wiyoto-Wiyono sendiri, menurut Djoko, sudah melakukan sosialisasi dan operasi ODOL secara rutin sejak 2014. Hasilnya, operasional truk ODOL berkurang dari 68 persen di tahun 2014 menjadi 47 persen di 2019.

Dengan gencarnya kampanye perang melawan ODOL akhir-akhir ini diyakini penurunan di atas bakal lebih besar dan target Zero ODOL 2023 bisa tercapai. Yang penting semua pihak kompak dan komitmen dalam penegakan hukum.

“Marilah kita mengutamakan keselamatan di jalan dengan mewujudkan zero odol khusunya di jalan tol,”ujarnya.

>>> Dibikin Kapok, Truk ODOL Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung

Foto menunjukkan saat Razia truk ODOL oleh CMNP

Asal semua pihak kompak dan komitmen, truk ODOL bisa dikurangi secara signifikan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik