Sempat Merajai Segmen MPV, Kemana Perginya Varian Terendah Xpander GLX?

25/07/2018| Padli Nurdin

Ketidakhadiran GLX memang tanpa alasan. Masalahnya, Xpander tipe terendah hanya terjual 1% dari total penjualan Xpander di Indonesia. Sama seperti mencari 1 mobil di antara 100 Xpander yang lewat di jalanan. Selama peruh pertama 2018, GLX M/T hanya terjual sebanyak 344 unit, dengan penjualan tertinggi ada bulan Mei sebanyak 101 unit. Sedangkan pada bulan Januari, tidak ada varian GLX yang keluar diler.

Gambar yang menunjukan mobil baru Xpander GLX M/T berwarna hitam

Xpander GLX hanya terjual sebanyak 344 selama paruh I 2018

Angka tersebut berbanding terbalik dengan penjualan Xpander Ultimate. Sempat merajai kompetisi low MPV di Indonesia sebelum direbut kembali si mobil jutaan umat, Avanza, Xpander Ultimate laku terjual sebanyak 19.884 unit dari Januari hingga Juni 2018.

Bisa dibilang, Xpander terbawah tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan kakak-kakaknya yang lebih mahal. Untuk desain, GLX menawarkan tampilan yang sekilas mirip dengan yang lain. Tapi, berada sebagai anak bungsu membuat Mitsubishi harus melakukan penyusutan tampilan untuk menekan harga.

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Xpander GLX M/T

GLX M/T mendapatkan versi standar dari semua varian Xpander

Dari segi eksterior, GLX M/T hanya bermodalkan pelek kaleng berdimensi 15 inci dan ditambah bumper depan berkelir hitam tanpa adanya lampu kabut. Berbeda dengan sang kakak, Exceed yang sudah mendapatkan pelek alloy berdimensi 16 inci berwarna sama. Ornament krom hanya diberikan kepada dua model teratas, yaitu Sport dan Ultimate.

>>> Berikut review dan spesifikasi lengkap Xpander 2017

Perbedaan pada bagian dalam langsung terlihat pada interior panel. Si anak bungsu mendapatkan kelir silver seperti pada GLX, GLS dan Exceed, sedangkan varian Ultimate dan Sport jumawa dengan aksen kayu.

Yang menjadi pembeda adalah pemangkasan fitur pada GLX. Semua fitur yang ada hanya mengandalkan fitur standar Xpander, tanpa adanya blower pada baris kedua, penyetel ketinggian pada sliding, serta reclining bangku belakang. Konsumen juga harus mengucapkan selamat tinggal pada fitur Active Stability, Traction Control serta Hill Start Assist.

>>> Tertarik membeli Xpander terbaru? Dapatkan informasinya di sini

Gambar yang menunjukan beberapa varian dari Mitsubishi Xpander di Indonesia

Selain GLX, Xpander juga menghadirkan varian GLS, Exceed, Sport, hingga Ultimate

Untuk harga, saat ini Xpander GLX M/T dibanderol Rp197.1 Juta, sedangkan tipe termahal Xpander berada di kisaran Rp253.4 juta. Dengan harga yang terpaut tidak jauh, bisa dipastikan konsumen lebih tertarik memilih kenyamanan maksimal varian teratas Xpander dibandingkan versi standar.

>>> Berbagai berita otomotif bisa Anda dapatkan di Mobilmo

Berita sama topik

International