Sejarah Aston Martin Volante Db6 Pangeran Charles, Mobil Bertenaga Anggur

13/11/2018| Padli Nurdin

Pewaris tahta kerajaan Inggris yang memasuki umur 69 tahun ini menjadi salah satu penggila mobil, salah satunya Aston Martin DB6 Volante bertenaga anggur. Usut punya usut, mobil paling terkenal dari bangsawan ini memainkan peran utama dalam pernikahan tahun 2011 putranya, Pangeran William dan Kate Middleton.

Gambar Aston Martin DB6 Volante Pangeran William

Pangeran William dan Kate Middleton dalam Aston Martin DB6 Volante

Berbicara dalam sebuah film dokumenter BBC yang menandai ulang tahunnya yang ke 70, Pangeran dari Wales ini mengungkapkan sejarah mobil terkenalnya tersebut. "Mereka menemukan bahwa mereka dapat menjalankan [mobil ini] dengan anggur putih Inggris, tetapi saya juga tidak menyadari bahwa mereka telah mencampur whey (air dadih) ke dalamnya juga," kata Pangeran.

>>> Hyundai Siap Luncurkan Flagship 2020, Hyundai Palisade

"Para insinyur di Aston mengatakan, 'Oh, itu [menggunakan wine] akan menghancurkan semuanya'," lanjutnya. "Saya berkata, 'Saya tidak akan mengendarainya jika begitu. Jadi mereka terus menggunakannya dan sekarang mereka mengakui bahwa mobil berjalan lebih baik dan lebih kuat pada bahan bakar wine daripada bensin."

Aston Martin tersebut tidak langsung diisi dengan anggur putih langsung sebelum berjalan seperti mobil berbahan bakar fosil lainnya. Mobil Pangeran Charles telah dimodifikasi untuk berjalan dengan bahan bakar yang disebut E85, yang merupakan campuran bioetanol dan bensin, sebagaimana dilaporkan Telegraph.

Gambar Pangeran Charles dan Putri Diana

Pangeran Charles dan Putri Diana ketika mengendarai Aston Martin DB6 Volante

Ini menjelaskan bahwa Aston Martin yang disebut dijalankan dari bahan bakar wine atau anggur putih memang tidak sepenuhnya benar. Namun intinya, Pangeran Charles ingin membuktikan bahwa inilah waktunya untuk fokus mencari sumber bahan bakar alternatif.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Pangeran aktivis lingkungan hidup

Pangeran Charles yang terkenal sebagai seorang aktivis lingkungan juga menggunakan bahan bakar ramah lingkungan untuk kendaraannya. Bahkan beberapa sumber mengungkapkan bahwa ia memiliki mobil yang bisa dijalankan dengan bahan bakar dari minyak goreng. Tidak hanya itu, kereta Ratu juga telah dikonversi untuk dijalankan pada bahan bakar alternatif.

"Butuh waktu lama untuk mengubah kendaraan tersebut bisa dijalankan dengan menggunakan minyak goreng bekas. Yang sebenarnya, pada akhirnya, bekerja dengan baik,” jelas sang Pangeran. "Tapi saya tidak tahu. Mereka bilang itu [bahan bakar tersebut] menyumbat mesin atau sesuatu."

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Pangeran Charles dalam dokumentasi BBC

Pada bulan September lalu, Pangeran Charles menerima kendaraan listrik pertamanya, Jaguar I-Pace. Mobil ini mendapatkan warna “Loire Blue” dan menjadi satu-satunya I-Pace yang dicat dengan warna tersebut. Mobil listrik ini bergabung dengan Aston Martin, Jaguar XJ serta Audi A8 yang disimpan di garasi mewah miliknya.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International