Polisi Siagakan 170 Personel Untuk Mengamankan Jalur Mudik Lebaran 2019

21/05/2019| Abdul

Bagi Sobat yang ingin melakukan perjalanan mudik jangan khawatir. Hal tersebut dikarenakan dari pihak Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan siap untuk mengerahkan 170 penembak. Polisi akan siaga selama musim mudik lebaran di tahun 2019 ini. Para polisi ini dikerahkan di beberapa titik rawan yang biasanya digunakan untuk aksi kejahatan.

Gambar ini menunjukkan banyak polisi dengan sepeda motornya

Personel polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan mudik lebaran 2019

>>> Baca Juga, Posko Mudik Lebaran Telah Disiapkan DFSK Untuk Konsumennya Di Beberapa Titik

Dari pihak AKBP N.K. Widayana Sulandari selaku Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan pernyataannya. Bahwasanya dari pihaknya mengerahkan ratusan penembak yang ditujukan untuk memberikan pengamanan pada jalur mudik lebaran.

"Dalam persiapan pengamanan Lebaran, kami mempersiapkan personel dari satuan penembak Polres OKU," kata Widayana Sulandari, seperti dilansir dari Antara pada tanggal 19 Mei 2019.

Dari pihak Widayana juga menjelaskan, bahwasanya ratusan personel akan ditempatkan di beberapa titik rawan kejahatan seperti Simpang Meo Kecamatan Pengandonan yang merupakan perbatasan antara Kabupaten OKU dan Muaraenim. Selain itu ditempatkan pula di perbatasan Prabumulih dengan OKU Induk.

"Personel dari satuan penembak ini juga akan siaga di kawasan Desa Tanjung Manggus Kecamatan Lubuk Batang dan disiagakan di perbatasan antara Kabupaten OKU dan OKU Timur," jelasnya.

Tujuan hal tersebut adalah meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik lebaran terutama yang mengandalkan kendaraan sebagai transportasinya. Bagaimana tidak, beberapa orang yang melakukan aksi kejahatan kadang nekat dan beresiko membahayakan pemudik saat melewati jalur mudik lebaran.

>>> Lihat Juga, Promo Mudik Lebaran, Sewa Bus Di TRAC Hanya Rp 300 Ribu

"Jadi, para pemudik yang pulang kampung melintasi Kabupaten OKU tidak perlu khawatir terjadi aksi kejahatan dalam melakukan perjalanan karena kami memberikan pengamanan ekstra," katanya.

Pihaknya juga menambahkan bahwa personel penembak yang diberikan tugas untuk menangani masalah pemudik. Bahkan para personel siap memberikan ketegasan kepada para pelaku kejahatan yang diketahui aksinya di jalur yang sudah disiagakan pihak kepolisian.

"Saya sudah memerintahkan kepada semua personel untuk mengambil tindakan tegas jika melihat ada pihak-pihak yang ingin melakukan aksi kejahatan selama mudik Lebaran sehingga pemudik merasa aman," kata dia.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang polisi sedang berdiri di pinggir jalan

Meskipun terdapat pihak kepolisian para pemudik juga harus mentaati peraturan lalu lintas

Dari pihak Widayana juga memberikan pengarahan kepada para pemudik untuk selalu mengedepankan keselamatan. Untuk caranya adalah dengan berhati-hati selama perjalanan supaya dapat selamat dan bisa sampai ke tujuan serta berkumpul dengan keluarga di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri.

"Yang paling utama para pemudik harus mematuhi peraturan lalu lintas dan menggunakan helm bagi bagi pengguna sepeda motor," Tutupnya.

Harapannya dengan adanya pengamanan ini tingkat kejahatan selama musim mudik lebaran bisa berkurang. Akan tetapi dari pihak pemudik juga perlu mentaati peraturan lalu lintas serta memakai safety standar yang telah diatur oleh Undang-Undang. Karena jalur mudik lebaran juga biasanya rawan terjadi kemacetan, sehingga persiapan benar-benar perlu dilakukan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo