Polisi Kejar Pengemudi yang Tertidur di Mobil Semi-Otonom Tesla Sejauh 11 Kilometer

05/12/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Belum lagi menggunakan fitur swakemudi, masalah kembali datang. Pasalnya, seorang pejabat daerah California tertidur dalam keadaan masuk ketika sedang mengendarai mobil semi-otonom Tesla miliknya.

Laporan pihak Kepolisian menyebutkan, “Pada sekitar 03:37, petugas California Highway Patrol berkendara di Highway 101 dan melihat Tesla abu-abu mengemudi pada 112 km/jam, di atas batas kecepatan, menurut Montiel. Petugas lalu melihat di samping mobil dan memperhatikan bahwa Samek (pengemudi) ‘tampak tertidur di belakang kemudi’.”

Pria yang berada di belakang kemudi adalah Alexander Samek, Ia adalah seorang pejabat publik California yang bertugas di komisi Perencanaan Los Altos. Sebuah laporan dari New York Post mengklaim bahwa video CCTV menunjukan bahwa Samek tertawa ketika polisi menginterogasinya, tak lama setelah ia terbangun di balik kemudi mobilnya.

>>> Hobi Berduit, Model Skala Ford GT 2006 Dijual Seharga 500 Jutaan

Gambar Tesla Model S berwarna hitam

Tesla Model S yang digandrungi di Amerika

Meskipun spesifikasi detail tidak begitu jelas, petugas Kepolisian percaya bahwa kemampuan semi-otonom Model S memungkinkan mobil tersebut untuk terus berjalan selama sekitar tujuh menit. Melalui Highway 101, polisi menghidupkan sirene mereka untuk mengejar pengemudi yang mabuk.

"Salah satu petugas pada dasarnya berakhir di depan kendaraan dan pada dasarnya mencoba untuk memperlambatnya," kata juru bicara Patroli Jalan Raya California kepada Radio KCBS.

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Meskipun ada kemungkinan bahwa sistem Autopilot Tesla mungkin terlibat dalam insiden tersebut, pembaruan terbaru fitur ini membutuhkan pengemudi untuk menempatkan tangan mereka di kemudi, setidaknya setiap 30 detik. Perubahan ini terjadi setelah pemilik menyalahgunakan fungsi teknologi ini.

Petugas Informasi Publik Patroli Jalan Raya California. Art Montiel menjelaskan, “Sungguh luar biasa kami memiliki teknologi ini; namun, kami perlu mengingatkan orang-orang bahwa ... meskipun teknologi ini tersedia, mereka perlu memastikan bahwa mereka tahu mereka bertanggung jawab untuk mempertahankan kendali kendaraan.”

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Gambar sistem semi-otonom Tesla

Teknologi semi-otonom Tesla masih membutuhkan pengemudi

Saat mengaktifkan fitur Autopilot, Tesla mengingatkan pengemudi bahwa mereka bertanggung jawab atas kendaraan mereka dan harus siap untuk memegang kendali setiap saat. Tidak jelas bagaimana Samek menjawab interogasi tersebut. Ketika dihubungi oleh Electrek, juru bicara Tesla mengaku tidak mengetahui detail kejadian tersebut.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca