Pernah Naik? 6 Bus AKAP Raja Jalanan yang Dikenal Suka Ngeblong

13/09/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Keselamatan terkadang dipertaruhkan demi mendulang setoran sebanyak-banyaknya, 6 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini dikenal sebagai raja jalanan yang yang hobi overtaking.

Bus (AKAP) masih menjadi pilihan favorit pulang kampung. Walaupun murah, ada satu yang membuat naik bus-bus AKAP ini mengerikan: kejar-kejaran layaknya Fast & Furious dengan kearifan lokal. Disebut dengan nama ngeblong, ada beberapa bus AKAP paling terkenal dengan aksi ngeblong-nya, diantaranya

1. Bus Sugeng Rahayu

Gambar yang menunjukan armada bus Sugeng Rahayu

Dahulu identik dengan Sumber Bencono, bus ini sekarang bernama Sugeng Rahayu (Foto: Tribunnews)

Dahulunya penguasa jalan lintas Yogyakarta – Surabaya ini dikenal dengan nama Sumber Kencono. Konon karena namanya yang mirip dengan ‘Sumber Bencono’ yang berarti sumber bencana dan sering terlibat kecelakaan lalu lintas, bus ini berganti nama menjadi Sumber Selamat dan sekarang menjadi Sugeng Rahayu.

2. Bus Mira

Gambar yang menunjukan armada bus Mira

Jet jalanan berkecepatan tinggi adalah bus Mira (Foto: Tribunnews)

Sama dengan Sugeng Rahayu, Mira mengambil trek Yogyakarta – Surabaya, Mira bahkan dikenal dengan Jet Jalanan yang melaju dengan kecepatan tinggi. Saudara dari Bus Eka yang lebih santai, bersama dengan Sugeng Rahayu ketiga pernah terlibat dalam kecelakaan maut bulan April tahun ini di Sidowayah, Ngawi, Jawa TImur.

>>> Diterjang Topan Jebi, Ratusan Mobil Bertumpuk Seperti Rongsokan

3. Bus Mila

Gambar yang menunjukan armada bus Mila

Bus Mila disebut salah satu bus AKAP tercepat di Jawa (Foto: Tribunnews)

Untuk kecepatan, bus Mila yang melewati rute Banyuwangi – Yogyakarta masih menjadi salah satu bus dengan mampu mencapai tujuan lebih cepat dibandingkan bus AKAP lainnya. Bahkan, Mila dikenal dengan slogan “berangkat terakhir sampai duluan, kesalip uang kembali.”

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

4. Bus Pahala Kencana

Gambar yang menunjukan armada bus Pahala Kencana

Pahala Kencana dikenal sebagai rajanya bus malam Pantura (Foto: Tribunnews)

Dikenal sebagai rajanya bus malam Pantura, bus AKAP ini memiliki sejarah yang lama. Sudah mengantarkan penumpang sejak 1976, tidak hanya sebagai angkutan umum tapi juga bus pariwisata, bus yang satu ini sering disorot media. Namun bukan berita bagus, bus Pahala Kencana sering mengalami kecelakaan, yang terbaru di Jalan Wates – Purworejo, Juli lalu.

5. Bus Langsung Jaya

Gambar yang menunjukan armada bus Langsung Jaya

Dahulu menguasai rute Solo - Yogya, Langsung Jaya mulai menginvasi Jakarta (Foto: Kompas)

Dahulu hanya mengantarkan penumpang rute Solo – Yogyakarta, bus Langsung Jaya sudah melebarkan rutenya ke Jakarta. Sering terlibat salip-menyalip dengan truk dan kendaraan lainnya. Sama dengan empat bus AKAP sebelumnya, sebaiknya Anda melambat jika bertemu dengan bus ini di jalan.

>>> Berbagai berita mobil baru di dalam dan luar negeri hanya ada di sini

6. Bus Akas

Gambar yang menunjukan armada bus Akas

'Jetbut' Akas yang melewati rute Malang hingga Ponorogo (Foto: Tribunnews)

Berada dalam naungan Akas Group yang merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar di daerah Jawa Timur, bus Akas melewati rute Malang – Surabaya – Madiun – Ponorogo. Dengan tarif murah serta fasilitas AC dan televisi, sopir bus Akas dikenal karena ngeblong-nya yang berani menyalip kendaraan-kendaraan yang ada di depannya.

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca