Penjualan Mobil Global Bulan Maret 2020 Terburuk Dalam 4 Dekade

04/05/2020| Fatchur Sag

Jato Dynamics merilis data penjualan mobil global untuk bulan Maret 2020 mengalami penurunan hingga 39 persen dibanding Maret 2019, dengan jumlah unit terjual hanya 5,55 juta unit. Pencapaian ini adalah penurunan penjualan terburuk di dunia sejak 1980, jauh melebihi penurunan penjualan yang terjadi saat krisis keuangan global November 2008. Pada saat itu penurunan hanya sebanyak 25 persen.

Gambar status Penjualan mobil turun 39 persen

Penjualan mobil turun 39 persen

Terdampak COVID-19

Alasan utama penurunan ini langsung diketahui adalah pandemi virus Corona (COVID-19). Lockdown dimana-mana, ekonomi tidak pasti, masyarakat panik dan hanya memikirkan kebutuhan pokok seluruhnya berkontribusi dalam penurunan penjualan.

"Tren penurunan ini bukan hanya karena pembatasan pergerakan bebas. Industri ini sebagian besar dipengaruhi oleh ketidakpastian untuk masa depan, dan masalah ini mulai muncul bahkan sebelum pandemi terjadi," kata Felipe Munoz, analis global JATO dalam pernyataannya, (29/4/2020).

"Kita harus ingat bahwa industri ini sudah beroperasi di lingkungan yang menantang, terutama menjelang akhir tahun lalu. Perang perdagangan, pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah, dan regulasi emisi yang lebih ketat muncul jauh sebelum krisis COVID-19. Dan tidak seperti resesi sebelumnya, kita tidak hanya berurusan dengan ketakutan orang atau penundaan pembelian. Kali ini kita harus mempertimbangkan bahwa konsumen tidak dapat meninggalkan rumah mereka."

>>> Ada Teknik Tersendiri, DFSK Jual Mobil Di Saat Pandemi Virus Corona

Foto sejumlah mobil baru Honda siap dikirim ke diler

COVID-19 membuat diler mobil sepi dari aktivitas penjualan

Dari seluruh wilayah pasar mobil di dunia, Eropa menjadi wilayah paling terpukul. Penjualan Maret terendah dalam 38 tahun di seluruh Eropa. Penurunannya mencapai 52 persen dibanding Maret 2019. Disusul Amerika Serikat yang mengalami turbulensi hingga 38 persen.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Penjualan Q1

Overall penjuaan mobil global untuk kuartal pertama 2020 (Januari-Maret) turun 26 persen dibanding tahun lalu menjadi 17,42 juta unit.

Di Indonesia penurunan penjualan mobil juga terjadi. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat hanya 219.361 unit mobil dikirim dile ke konsumen sepanjang 3 bulan tersebut, turun sebesar 15,9 persen dibanding periode yang sama tahun 2019 dimana pengiriman mencapai 260.804 unit.

>>> Penjualan Daihatsu Awal Tahun Masih Didominasi Sigra

Foto menunjukkan salah satu diler Mazda

Menunggu pandemi hilang agar bisa segera bangkit

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    06/04/2021| Abdul

    Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    Diskon PPn BM untuk mobil dengan mesin berkapasitas 1.500 cc sampai 2.500 cc diberikan. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin membeli mobil dengan mesin kapasitas antara 1.500 cc -2.500 cc. Dalam kebijakan tersebut terdapat 2 klasifikasi yang ada perbedaan diskon.

  • Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    23/03/2021| Abdul

    Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    Berhubungan dengan penjualan Mitsubishi Xpander, mobil ini masih menjadi andalan. Apalagi mobil small MPV tersebut terkena relaksasi pajak PPn BM sehingga mendapatkan potongan harga cukup besar. Hal ini menjadi salah satu momen yang tepat bagi masyarakat untuk bisa memiliki mobil besutan Mitsubishi tersebut dengan harga lebih terjangkau.

  • Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    08/03/2021| Abdul

    Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    Pihak Hyundai sedang melakukan pembangunan dealer Hyundai di Indonesia untuk mengejar ketertinggalannya. Hal tersebut dikarenakan pabrikan mobil satu ini bukanlah pemain baru, namun merek lama yang sudah lama berkiprah di Tanah Air. Target Hyundai adalah membangun 100 dealer untuk tahun ini, meskipun saat ini baru ada 27.

International