Pengamanan Libur Nataru, Truk ODOL Jadi Fokus Utama Polisi

16/12/2019| Fatchur Sag

Libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) segera tiba, beragam persiapan dilakukan menyambut keduanya. Sampai saat ini mudik dan travel masih jadi favorit bagi sebagian besar masyarakat dalam mengisi dua hari menyenangkan tersebut. Bukan tanpa alasan, di musim Natal dan Tahun Baru banyak pekerja yang mendapatkan libur panjang.

Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga tengah mempersiapkan diri dalam pengamanan di sepanjang jalur mudik, baik pantura, jalur selatan, dan lebih-lebih jalan Tol Trans Jawa. Diperkirakan bakal terjadi lonjakan arus lalu lintas di jalan tol terpanjang di Indonesia ini. Bahkan bisa jadi favorit bagi pemudik dari Jakarta yang akan menuju kota-kota di Jawa Tengah hingga Surabaya Jawa Timur.

>>> Sudah Diresmikan, Ini Fakta-fakta Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated

Foto menunjukkan underpass Jatingaleh-Semarang, Jalan Tol Trans Jawa

Tol Trans Jawa jadi jalur favorit Jakarta-Semarang-Surabaya

Dilansir dari ntmcpolri, (14/12/2019), Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H. melakukan survei langsung ke lapangan untuk mengetahui sejauh mana pengamanan Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini dipersiapkan. Hari pertama kunjungan dilakukan di Jawa Barat khususnya di Tol Cipali, pada Senin (9/12/2019). Di hari kedua Kakorlantas bersama rombongan tiba di rest area KM 575 Tol Ngawi-Kertosono. Selasa (10/12/2019).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Dalam arahannya di hadapan para Kasatlantas dan jajaran Ditlantas Polda Jawa Timur, termasuk Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Budi Indra, Kakorlantas menegaskan misi pengamanan Nataru untuk dijalankan sebaik mungkin mengingat ini adalah misi kemanusiaan.

“Dengan hadirnya saya bersama rombongan menjadi tahu bagaimana persiapan-persiapan di wilayah. Dan terimakasih untuk Dirlantas berserta Jajaran dan stakeholder terkait, yang sudah memberikan laporan secara detail terkait manajemen lalu lintas saat pengamanan nanti,” tutur Kakorlantas.

Fokus tindak truk ODOL

Secara umum persiapan pengamanan sudah matang baik untuk rambu-rambu maupun personil. Namun ada beberapa yang kurang dan jadi perhatian. Pertama kondisi beberapa jalan kabupaten yang rusak. Selain Tol Trans Jawa, beberapa jalan kabupaten yang akan jadi perlintasan mudik dalam kondisi rusak dan tengah diperbaiki. Kedua masih sering dijumpai truk-truk ODOL (over dimension over loading) alias truk kelebihan muatan melintas di jalanan.

>>> Hati-Hati, Ini Masalah Di Jalan Tol Yang Bisa Saja Terjadi

Kakorlantas secara tegas meminta para personil di lapangan untuk all out melakukan pengamanan dari berbagai gangguan, termasuk menindak truk-truk ODOL yang melintas di jalan tol maupun jalan raya non-tol. Tindakan tegas harus diberikan kepada semua pihak yang bertanggung jawab seperti pengemudi, perusahaan, dan yang lain.

“Persiapan dan pengamanan harus all out. Semoga tahun ini angka kecelakaan dapat menurun kembali. Fokus pada ODOL harus tegas. Karena ini sumber masalah kita, bila terjadi pelanggaran, jangan diberi ijin melintas atau barang angkutan harus diturunkan,” tegas Kakorlantas.

>>> Truk ODOL Harus Dilarang Lewat Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated)

Foto Truk ODOL melintas di jalan tol dengan santai

 Truk-truk ODOL dapat perhatian khusus

>>> Beragam berita informasi dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International