Pembangunan Jembatan Tol Cikampek Hingga 5 September, Buka Tutup Jalan Dilakukan

30/08/2018| Padli Nurdin

PT Jasa Mara mengkonfirmasi pembangunan Jembatan Caman – Bekasi akan mengakibatkan adanya penerapan buka tutup di Jalan Tol Cikampek kilometer 9+100 arah Cawang pada 28 Agustus hingga 5 September nanti. Pengalihan arus serta jalur alternatif sudah dipersiapkan untuk menghindari kemacetan yang diprediksi akan terjadi.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang melaju pada tol Cikampek

Buka tutup jalan dilakukan pada tanggal 28 Agustus hingga 5 September (foto: Tempo)

Dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, (29/8) kemarin, Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan, "Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Jasa Marga intensif berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi, Kepolisian, dan Dinas Perhubungan setempat."

Menurut Heru, buka tutup jalan akan dilaksanakan antara pukul 23.00 – 04.00 WIB, masing-masing bergantian selama 15 menit. Pengemudi yang akan menuju arah Cikampek bisa keluar di GT Pondok Gede Timur dan masuk kembali melalui GT Bekasi Barat. Faktor keamanan menjadi alasan peraturan buka tutup jalan ini diterapkan, jelas Heru.

​​>>> Berbagai berita terkini lalu lintas hanya ada di sini

Pembangunan kali ini akan fokus kepada pemasangan empat girder panjang untuk badan jembatan, sebagaimana dijelaskan oleh Kasi Pengembangan, Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Idi Susanto.

Pemasangan akan dilakukan selama beberapa hari dengan target dua girder dalam semalam. Pembangunan yang dilakukan pada bagan jalan diprediksi akan mengganggu lalu lintas tol Jakarta – Cikampek. Meskipun empat girder pendek yang menghubungkan jalan dan jembatan berada disamping jalan.

​​​​>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang mengerjakan pembangunan jembatan Tol Cikampek

Pembangunan dilakukan karena pemasangan girder panjang (foto: Tribunnews)

Dua girder pertama akan dipasang di atas jalur B atau dari Cikampek ke arah Jakarta, sedangkan dua girder berikutnya dipasang melalui jalur A atau arah sebaliknya. Karena itu, selama pemasangan hanya ada satu jalur yang harus ditutup. "Kami tekan sesingkat mungkin agar tidak lama-lama menutup jalan tol," tutupnya.

​​>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik