Miniatur Mesin Ferrari Enzo Bisa Anda Lihat dari Mekanisme Jam Tangan Ini

01/01/2019 Padli Nurdin Pasar Mobil

Penggemar mobil biasanya menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan mekanisme, salah satunya jam tangan. Mekanisme mungil, apalagi arloji kelas atas menjadi ‘mainan’ yang menemani kegemaran berotomotif ria. Sama seperti fakta bahwa bagaimana Ferrari Enzo menjadi alasan dibalik hadirnya jam tangan mewah dari TAG Heuer.

Terlepas dari kenyataan bahwa desain jam tangan ini harus direkayasa ulang pada awal 2000-an, namun Monaco V4 adalah salah satu desain paling mencolok dan misterius dari TAG Heuer. Sebagian besar orang menganggap Jean-François Ruchonnet merupakan perancang jam tersebut. Namun Christoph Behling, kolaborator desain lama TAG Heuer menjelaskan dari mana ia mendapatkan inspirasi dari desain emosional Monaco V4.

Gambar menjelaskan Monaco V4

Jam tangan Monaco V4 dari TAG Heuer

Jam tangan yang diresmikan pertama kali pada tahun 2004 mendapatkan mekanisme yang sama dengan kendaraan dengan nama pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Arloji analog ini menggunakan ‘mesin’ yang sama untuk menjalankan jam yang terlihat dari tampilan luar jam tersebut. Dilansir dari Robb Report, Ferrari Enzo yang baru digunakan sebagai inspirasi bagi tim desain untuk menunjukan bagaimana perusahaan melanjutkan warisan masa lalu.

>>> Ini Jadinya Jika Mobil Mungil Smart ForTwo Dapatkan Mesin Jet Bekas Helikopter

Pergerakan di dalam jam, yang menggunakan sabuk karet kecil untuk menghubungkan serangkaian gigi yang sama kecilnya, terinspirasi dari sistem timing yang digerakkan oleh sabuk pada mesin mobil. Roda gigi ditempatkan dalam formasi V, desain yang membangkitkan mesin mobil dengan performa tinggi.

Behling menjelaskan, “Itu [Monaco V4] adalah gagasan bahwa jika pembuat jam ingin memiliki tempat di masa depan, maka kita tidak dapat membuat dan merancang reproduksi sentimental. Anda dapat menciptakan sesuatu hanya untuk waktu yang Anda tempati."

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Gambar desain Monaco V4

Anda bisa melihat desain mesin Ferrari Enzo pada Monaco V4

Untuk memulai desain Monaco V4, Behling menunjukan foto mesin Ferrari konvensional dari tahun 1967. Dan foto mesin yang dramatis dari Ferrari Enzo-lah yang dipilih. Ia percaya sebuah arloji akan lebih bermakna dengan tampilan mesin mobil. Karena seni desain mobil tidak hanya indah, tetapi kecantikan yang berpusat pada kinerja.

"Secara estetika, mereka adalah objek yang menakjubkan," katanya, "tetapi mereka tidak diciptakan untuk menjadi menakjubkan. Mesin merupakan hasil efisiensi dan inovasi. Karena sangat jujur dan berterus terang, seringkali terlihat sangat bagus. Itu terlihat lebih baik daripada seseorang yang dengan sembarangan mendesain [jam tangan]. ”

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca