Menggemaskan! Anak-Anak Balapan di Settrington Cup Layaknya Pembalap Profesional

14/09/2018 | Padli Nurdin

Setiap tahun ketika Goodwood Revival diadakan, banyak acara yang bisa Anda saksikan. Mulai mobil-mobil antik dan terbaru yang dikendarai oleh pembalap berskill tinggi hingga segmen-segmen unik lainnya. Salah satunya yaitu Settrington Cup, balapan mobil pedal yang menggemaskan. Pesertanya? Semua peserta merupakan anak-anak berumur 6 sampai 9 tahun.

Gambar yang menunjukan pembalap cilik yang sedang menunggu giliran balapan

Gambar yang menunjukan anak-anak yang mengikuti balapan Settrington Cup

Pertandingan ini diikuti oleh 'pembalap' cilik berumur 6 hingga 9 tahun (Foto: Michael Cole)

Sesuai namanya, pedal car adalah mobil mini yang bisa dikendarai dengan mengayuh pedal di dalam mobil. Untuk memberikan hiburan bagi pengunjung yang hadir, peserta akan mengendarai pedal car Austin J40 yang dibuat pada 1949. Tidak hanya tempat duduk dan pedal, mobil kecil ini juga menggunakan lampu depan, klakson, hingga ban angin.

>>> Burt Reynolds Buat Mobil Ini Jadi Tenar

Dilansir dari Telegraph, produksi mobil mini ini dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan pekerjaan pada pekerja tambang yang mengalami keterbatasan, sebagian karena kecelakaan kerja. Mobil ini tidak lagi diproduksi, tapi Anda bisa membayar $6.500 atau setara dengan Rp 95 juta untuk mendapatkan mobil antik yang sudah diperbaiki.

Gambar yang menunjukan seorang pembalap cilik yang sedang menaiki pedal car

Gambar yang menunjukan bagian kemudi dari pedal car

Mobil balap yang digunakan juga bisa dipermak (Foto: Andrew Crowley)

Settrington Cup pertama kali diadakan pada tahun 2012. Sejak itu, harga J40 meroket. Pasalnya, orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya mengikuti pertandingan ini memberikan banyak perubahan pada pedal untuk memberikan kemudahan kepada sang anak berlomba. Mirip dengan teknisi balapan pada umumnya.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Modifikasi balapan tergantung pada anak-anak yang mengendarai pedal car tersebut. Ada perbedaan tinggi antara anak berumur enam tahun dengan sembilan tahun, jadi bagian kokpit pedal car bisa disesuaikan dengan tinggi sang anak. Bagian tempat duduk dan pedal bisa diatur dan disesuaikan dengan panjang kaki pengendaranya.

Bukti bahwa Settrington Cup bukan hanya sebagai pemanis Goodwood Revival adalah orang tua sampai berbuat lebih agar mobil yang dikendarai bisa melaju lebih cepat. Contohnya dengan membongkar bagian-bagian yang tidak diperlukan serta mengganti komponen pedal car dengan yang lebih ringan untuk membuat pengendara tidak kesulitan mengayuh.

>>> Berbagai berita mobil baru di dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Saksikan lucunya balapan Settrington Cup di Goodwood Revival

Balapan ini memang tidak terlalu jauh. Garis start dengan finish hanya berjarak sekitar 100 meter. Tapi dari video di atas, siapa yang bisa menyangkal kalau balapan ini memiliki keseruannya masing-masing. Dan tentu saja, sangat menggemaskan melihat anak-anak tersebut bertanding layaknya pembalap mobil pada umumnya.

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

  • 07/10/2019 | Fatchur Sag

    Wow, Replika Batmobile Dijual Rp 13 Miliar, Apa Kehebatannya?

    Memanfaatkan kehebatan aksi Batmobile dalam film fiksi Batman, FastBoomPro menjual mobil replika tunggangan manusia kelelawar dengan harga 850.000 dollar AS atau setara Rp 13 miliar. Apa hebatnya replika Batmobile ini?

  • 07/10/2019 | Abdul

    Bangkai Mobil Berkarat Dijual Puluhan Juta, Apakah Layak?

    Mobil merupakan tunggangan yang nyaman ketika ingin pergi ke suatu tempat yang dituju. Beragam fitur diberikan untuk mendukung perjalanan. Selain mobil baru, mobil bekas juga bisa dipilih saat ingin membeli tapi budget pas pasan. Berbeda dengan mobil bekas yang masih dapat digunakan, bagaimana dengan bangkai mobil berkarat, apakah masih laku dijual di pasaran?

  • 20/08/2019 | Abdul

    Mobil Bekas James Bond Aston Martin DB5 Terjual Dengan Harga Fantastis

    James Bond menjadi salah satu film yang banyak digemari di dunia. Dalam film tersebut identik dengan mobilnya yang sudah menggunakan teknologi canggih sehingga membuat mata penonton terpana. Mobil yang ikut dalam pembuatan film tersebut adalah Aston Martin DB5 yang berada di dalam film James Bond Thunderball.