Mencegah Virus Corona, Bus Dan Halte Transjakarta Dibersihkan Secara Rutin

15/03/2020 | Abdul

Pastinya Sobat sudah mengetahui bukan mengenai penyebaran virus corona yang telah masuk ke Indonesia. Tentunya hal tersebut sedikit mengkhawatirkan, bahkan menurut kabar terakhir menyebutkan ada 27 kasus yang ditemukan terdapat pasien yang positif telah terinfeksi oleh virus mematikan tersebut. Oleh sebab itu beberapa langkah dilakukan berbagai pihak guna mencegah virus corona.

Gambar ini menunjukkan bus Transjakarta warna biru di halte bus

Transjakarta membersihkan halte dan bus untuk mencegah virus corona

>>>  Baca Juga, Tidak Asal, Begini Aturan Membuat Bus di Indonesia

Bahkan dari pihak WHO yang merupakan Badan Kesehatan Dunia  telah terang-terangan menyebutkan, bahwasanya virus corona mudah menyebar terutama di tempat yang terdapat kerumunan banyak orang. Untuk infeksi kepada orang lain bisa disebabkan oleh cairan penderita yang dikeluarkan mulai hidung ataupun mulut. Adapun salah satu tempat yang rawan adalah transportasi umum yang setiap hari dikerumuni banyak orang.

Oleh sebab itulah dari pihak PT Transjakarta melakukan kegiatan bersih-bersih untuk mencegah virus corona tersebar kepada masyarakat Indonesia. Memang ada ungkapan yang menyebutkan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

"Sejak awal Februari 2020 lalu, Perseroan melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan virus corona ini ke mitra operator bus, petugas lapangan dan seluruh karyawan kantor pusat dan Depo," tulis keterangan resmi Transjakarta yang dilansir dari laman Cintamobil.com.

Di Halte Disediakan Hand Sanitizer

Penilaian dari pihak Transjakarta menyebutkan, bahwasanya untuk langkah pencegahan penyebaran virus tersebut dilakukan dengan meningkatkan kebersihan, baik lingkungan perusahaan dan jaringannya. Oleh sebab itulah telah disediakan hand sanitizer di 80 halte Transjakarta. Tidak hanya itu saja, diberikan pula masker dan sarung tangan untuk para petugas serta alat deteksi tubuh untuk mendeteksi jika ada yang terjangkit virus corona.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan menekan dan menadah Hand Sanitizer

Hand Sanitizer dipakai untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri

Halte Dan Bus Rutin Dibersihkan

Sebagai langkah untuk mencegah virus corona, pihak Transjakarta juga melakukan pembersihan bus. Jadi sebelum dan sesudah bus beroperasi bus dicuci dengan menggunakan desinfektan. Tidak hanya itu saja, bagian-bagian bus yang rentan juga dilakukan pembersihan rutin seperti pegangan pintu misalnya.

Selain itu, para petugas juga diwajibkan untuk membersihkan tangannya dengan menggunakan cairan hand sanitizer sebelum bertugas. Ditambah lagi, untuk alat Tap On Gate juga secara berkala dibersihkan menggunakan desinfektan. Tujuan melakukan hal tersebut adalah supaya para pengguna bus Transjakarta tetap merasa aman dan nyaman dalam menikmati layanan yang diberikan oleh pihak PT Transportasi Jakarta.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik