Membahas Sejarah Ford Dari Awal Didirikan, Model T Jadi Mobil Pertama

11/06/2021| Abdul

Salah satu produsen mobil ternama di dunia adalah Ford. Dimana pabrikan tersebut asalnya adalah dari Amerika Serikat (AS). Untuk pertama kali didirikan adalah di tahun 1903 yakni di bulan Juni. Nah pada segmen kali ini kami akan sedikit membahas mengenai sejarah Ford.

Gambar ini menunjukkan logo Ford dengan background warna biru

Sejarah Ford terbilang panjang sampai mundur dari pasar Jepang dan Indonesia

>>> Baca Juga, Penyegaran Toyota Alphard dan Vellfire Dilakukan, Apa Yang Beda?

Adapun orang yang menjadi pendiri merek Ford yaitu Henry Ford. Pada pertama kali yang didirikan adalah Ford Motor Company (FMC) yang didirikan oleh Henry Ford dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan 11 rekan bisnisnya. Di kala itu untuk modal awal yang dimiliki oleh perusahaan adalah 28.000 AS.

Pada tahun 1908 akhirnya terdapat mobil pertama yang dijual oleh pihak Ford yakni Model T. Kendaraan pada saat itu dijadikan sebagai alat transportasi yang terjangkau dan juga praktis. Di dunia Model T yang merupakan produk dari Ford terbilang paling sukses, hal tersebut karena perawatannya tergolong mudah.

Setelah itu dilanjutkan pada tahun 1911, dimana pihaknya mulai melebarkan sayapnya. Untuk pabrik pertama di luar negeri yang dibuka bertempat di Manchester, Inggris. Sementara untuk pabrik pertama yang digunakan untuk perakitan bertempat di Missouri, Amerika Serikat.

Jalur assembly line pertama kali di dunia dilewati oleh Model T. Dimana hal tersebut berkat langkah Ford pada saat itu. Tidak sampai disitu saja, hal tersebut juga menjadi pengenalan kepada pabrikan yang berada di seluruh dunia terkait sistem produksi efisien. Dalam melakukan peningkatan untuk produktivitas kerjanya dari pihak Ford melakukan penerapan jam kerja per harinya adalah 8 jam dengan upah 5 dolar per AS untuk buruh pabrik.

>>> Lihat Juga, Manfaatkan Promo Juni 2021 Di Auto2000 Untuk Pembelian Mobil Toyota

Gambar ini menunjukkan Ford Model T tampilan mobil yang melegenda

Model T menjadi mobil pertama Ford

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Masih tentang sejarah Ford, hal menarik terjadi pada tahun 1914, dimana Model T terjual sebanyak 500 ribuan di seluruh dunia. Berkat permintaan dari para konsumen yang tinggi menjadikan penambahan fasilitas produksi Ford dan juga perakitan lebih dari 20 yang disebar di seluruh dunia.

Bahkan di tahun 1922 Lincoln Motor Company diakuisisi oleh pihak Ford. Perkembangan setiap tahun dari Ford meningkat dan juga semakin mengalami kemajuan. Untuk Lincoln dan Continental menjadi merek mobil mewah yang dimiliki oleh Ford.

Selain mobil tersebut, terdapat beberapa mobil yang mempunyai histori melegenda. Karena produksinya tidak hanya Model T saja akan tetapi juga mobil sedan sport dan juga truk. Adapun contoh mobil Ford yang tergolong melegenda adalah Mustang. Perusahaan mempunyai logo yang terus dilakukan transformasi. Bahkan akuisisi dan juga saham yang dimiliki  terdapat pada sejumlah produsen mobil global yang meliputi Mazda, Land Rover, Volvo, Aston Martin dan juga Jaguar.

Namun kabar yang kurang menyenangkan ternyata ada juga. Dimana pada tahun 2005 yang memasukan abad ke 20 revitalisasi perusahaan dilakukan Cicit Henry Ford, Bill Ford yang merupakan Executive Chairman. Hal tersebut dikarenakan adanya resesi ekonomi dunia sehingga membuat menurun bisnis Ford pada kala itu. Bahkan 14 pabrik dilakukan penutupan di seluruh dunia dan pekerja juga dilakukan pemangkasan sebanyak 30 ribu. Selanjutnya eksperimen teknologi Hybrid dan mobil SUV kompak mulai dikembangkan.

>>> Baca Juga, Bulan Agustus GIIAS 2021 Digelar, Andalkan Aplikasi GIIAS Auto360

Gambar ini menunjukkan mobil Ford Mustang  tampak samping

Ford Mustang juga menjadi legenda pada mobil

Akhirnya di pasar Indonesia dan Jepang pihak Ford memutuskan untuk mundur yaitu di awal tahun 2016. Jadi saat itu keuntungan sulit dipertahankan dan target penjualannya sulit untuk ditingkatkan. Nah itulah sedikit sejarah Ford yang cukup panjang dan menarik untuk diketahui.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

International