Layanan Parkir Valet Otomatis Bandara Gatwick di London akan Mempekerjakan Robot

30/01/2019 Padli Nurdin Pasar Mobil

Dengan era digitalisasi yang semakin berkembang, wisatawan yang menitipkan mobil mereka di Bandara Gatwick di London kemungkinan besar akan mendapatkan layanan parkir valet otomatis dari robot yang akan memarkirkan mobil mereka.

Akhir tahun ini, Bandara Gatwick akan menguji penggunaan robot otonom yang akan menjadi ‘tempat tidur besar dan ramping’ di bawah kendaraan dan membawa mobil pengunjung untuk diparkirkan secara otomatis. Pihak bandara berencana untuk bereksperimen dengan sistem parkir robot dengan valet otomatis di salah satu lahan parkir selama tiga bulan, sebagaimana diajukan pihak bandara kepada Dewan Borough Crawley, Desember lalu.

robot Stan berwarna hitam dan putih yang bisa bergerak sendiri

Robot bernama Stan yang akan bertugas sebagai valet robot pertama di Bandara Gatwick

Bandara Gatwick adalah bandara terbesar kedua di Inggris setelah Bandara Heathrow London. Sekitar 46.1 juta pengunjung melewati bandara tersebut pada tahun 2018. Pihak bandara berharap dengan sistem otonom tersebut akan memudahkan bandara untuk mengemas lebih banyak mobil dalam jumlah ruang lot yang sama.

>>> Geneva Motor Show 2019, Prototype Mobil Listrik Terbaru Honda Siap Diluncurkan

Pengajuan tersebut akan menggunakan robot dari perusahaan yang berbasis di Paris, bernama Stanley Robotics. Menurut situs webnya, Stanley Robotics sebelumnya menguji robot parkir mereka yang bernama Stan di Perancis, tepatnya di Bandara Charles De Gaulle dan Bandara Lyon.

Pemilik mobil akan mengendarai mobil mereka ke salah satu dari delapan kabin, mengkonfirmasi reservasi parkir mereka di layar sentuh, dan membawa kunci mereka ketika mereka pergi. Kemudian robot akan membawa mobil ke tempat parkir yang sudah ditentukan. Layanan ini memiliki akses ke detail penerbangan pemilik mobil, sehingga bisa mengantarkan mobil ke kabin ketika mereka kembali.

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Begini cara kerja Stan dalam mengantarkan mobil ke lahan parkir yang ditentukan

Pihak bandara berencana untuk mulai mengaplikasikan percobaan penggunaan valet robot pada bulan April hingga Agustus. Jika uji coba berjalan baik, mereka akan memperluas layanan valet otomatis tersebut ke dua area parkir lainnya yang bisa menambah kuota 6.000 tempat parkir menjadi 8.500 mobil dengan parkir robot tersebut.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca