Kuartal Pertama Tahun 2021 Penjualan Mobil Daihatsu Sangat Baik

14/04/2021| Abdul

Tahun 2020 di bulan Maret pasar otomotif mengalami penurunan drastis. Hal tersebut karena kala itu sedang awal-awal terjadi pandemi Covid-19. Nah berbeda dengan bulan Maret tahun ini. Penjualan mobil Daihatsu terbilang sedang baik dan membuat Daihatsu Indonesia berbahagia.

Gambar ini menunjukkan logo Daihatsu warna krom

Penjualan mobil Daihatsu di kuartal pertama tahun ini membangganggakan

>>> Semakin Menarik, Fitur Penunjuk Arah Kiblat Hadir Pada KIA Sonet 7 Seater

Jadi di kuartal pertama pada tahun 2021 penjualan mobil diraih oleh PT Astra Daihatsu Motor sebanyak 17%. Jika melihat dalam unitnya mencapai 30 ribu unit, angka tersebut merupakan sebagian dari total penjualan mobil dalam otomotif nasional yang totalnya adalah 178 ribu unit.

Sementara khusus pada bulan Maret penjualan mobil mencapai angka 77 ribu unit lebih. Sedangkan untuk mobil besutan Daihatsu memberikan kontribusi sebesar 12 ribu unit. Seperti yang telah diketahui, bahwa dalam setahun belakangan ini angka tersebut sangat sulit untuk didapatkan.

Salah satu hal yang bisa membuat distribusi kendaraan mengalami kenaikan adalah adanya insentif pajak PPn BM 100% yang pertanggungannya ditanggung oleh pihak Pemerintah sampai bulan Mei 2021. Adapun mobil yang mendapatkan insentif tersebut terdapat syaratnya. Dimana syaratnya adalah menggunakan penggerak 2 roda, menggunakan mesin kapasitas di bawah 1.500 cc dan mempunyai 60% kandungan dalam negeri.

>>> Melirik Sejarah Toyota Hilux, Perjalanan Panjang Dimulai Pada 1968

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Gran Max

MObil Gran Max menjadi sahabat bisnis

>>> Bulan Ramadhan Tiba, Program Penjualan "THR Dari Honda" Ditawarkan

Sedangkan pada mobil dengan mesin antara 1.501 cc dan 2.500 cc juga ada diskon PPn BM yang diberukan dengan besaran 50%. Namun apabila menggunakan sistem penggerak 4 roda maka insentif yang diberikan adalah 25%.

Berhubungan dengan penjualan mobil Daihatsu,  memang terdapat keringanan dengan adanya insentif PPn BM dari pihak Pemerintah. Akan tetapi untuk mobil besutan Daihatsu ini yang tergolong laris manis di 3 bulan awal tahun ini adalah bukan dari kategori kendaraan penumpang. Penjualan diduduki oleh mobil pikap yang berupa Daihatsu Gran Max. Dimana mobil pikap tersebut mencatatkan penjualan dan dikirimkan ke rumah konsumen dengan angka 9.268 unit.

Sedangkan di posisi kedua diduduki oleh Daihatsu Sigra. Dimana mobil ini juga tidak terkena relaksasi PPn BM tapi bisa mencatatkan penjualan sebanyak 6.934 unit secara retail. Nah setelah itu ada Daihatsu Terios di posisi ketiga dengan penjualan mencapai 4.491 unit dan merupakan kendaraan dalam segmen SUV.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 4 mobil Daihatsu

Beberapa mobil besutan Daihatsu

Berhubungan dengan penjualan mobil Daihatsu Dalam keterangan resmi pihak Amelia Tjandra selaku Marketing Director dan Corporate Planning merangkap Communication Director ADM menyebutkan bahwa adanya PPn BM berdampak pada pasar otomotif di bulan Maret 2021.

“Pasar otomotif pada Maret 2021 naik signifikan karena dampak PPnBM. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung,” ungkap Amelia Tjandra pada 13 April 2021.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

International