Kebakaran Hebat di Bagian Utara California Terjadi Karena Ban Kempes

11/08/2018| Padli Nurdin

Semua masalah di dunia bisa saja terjadi karena hal yang sepele. Di Indonesia, kebakaran di Gili Lawa, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur disebut karena pengunjung tidak teliti ketika melakukan sesi pre-wedding.  Di Negeri Paman Sam, kebakaran besar juga terjadi di California tanpa sengaja terjadi karena ban yang kempes.

Kebakaran yang disebut dengan Carr Fire memang terjadi seiring dengan banyaknya laporan yang menyebutkan bahwa gelombang panas menjadi pemicu api dengan cepat menyebar karena kekeringan yang melanda hutan.

Gambar yang menunjukan kebakaran hutan Carr Fire yang terjadi di California

Kebakaran hutan Carr Fire telah membara sejak dua minggu lalu (foto: CNN)

Kebakaran tersebut telah menghanguskan hampir 700 kilometer persegi, menghancurkan lebih dari 1.000 rumah dan menewaskan delapan orang sejak pertama kali muncul dua minggu yang lalu. Pihak berwenang yang menganalisis sumber kebakaran menyebutkan bahwa dari hasil investigasi sumber api berasal dari ban kempes.

>>> Berbagai berita unik seputar dunia otomotif hanya ada di sini

Petugas Pemadam Kebakaran California mengatakan kepada CNN pada hari Minggu lalu, bahwa Carr Fire yang disebut sebagai api paling merusak keenam dalam sejarah Amerika bermula pada 23 Juli lalu ketika ban trailer meledak di jalan dekat Kota Redding.

Gambar yang menunjukan bulldozer yang digunakan untuk memadamkan api

Bulldozer juga dikerahkan untuk mengatasi Carr Fire (foto: Business Insider)

Petugas yang tidak disebutkan namanya tersebut menjelaskan bahwa pelek roda tergores di sepanjang trotoar dan menyebabkan bunga api terpancar menuju rumput-rumput kering di samping jalan. Beberapa hari kemudian, bara api tersebut membesar dan akhirnya menjalar ke rumah-rumah penduduk.

>>> Semua promo dan diskon menarik selama GIIAS 2018 berlangsung

Carr Fire telah membakar hutan yang berada di luar Kota Redding yang terletak di sebelah utara California. Gambr-gambar dari pantauan udara menunjukan bagaimana api menjalar dan mengubah perumahan menjadi rata dengan tanah.

Delapan orang yang tewas termasuk seorang petugas pemadam kebakaran, operator bulldozer serta seorang wanita berusia 70 tahun serta dua cicitnya yang tidak bisa dievakuasi tepat waktu ketika api menjalar. Saat ini, hanya 47% wilayah berhasil dipadamkan setelah pemadam kebakaran membuat beberapa kemajuan dalam minggu ini.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini!

Berikut hasil liputan dari akibat kebakaran Carr Fire di California

Carr Fire merupakan salah satu dari 17 kebakaran hutan yang berbeda di California saat ini. Sekitar 160 kilometer ke arah selatan, kebakaran hutan di Mendocino Complex telah menjalar seluas 1.175 kilometer persegi menjadi kebakaran terbesar yang pernah melanda sepanjang sejarah California. Untungnya, belum ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

>>> Dapatkan berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International