Di Pasar Ekspor, Mobil Kecil Ini Kalahkan Toyota Rush dan Toyota Avanza

08/04/2019| Fatchur Sag

Foto Toyota Fortuner dari arah samping, tampak sedang dipersiapkan untuk segera dikirim ke luar negeri

Toyota Fortuner menempati peringkat pertama ekspor Toyota Indonesia ke mancanegara

Sebagaimana moncer di dalam negeri, mobil-mobil buatan Toyota juga digemari di mancanegara. Di dua bulan pertama 2019 ini saja penjualan ekspor Toyota sudah mencapai 30.550 unit, lebih besar dibanding periode yang sama tahun lalu dimana penjualan ekspor Toyota hanya 29.500 unit. Dari jumlah sebanyak itu, Toyota Fortuner mencatatkan pengiriman paling tinggi sebanyak 7.890 unit atau sebesar 26%. Lalu siapa yang menyusul dibelakang Fortuner?

Jika tak diungkap PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mungkin banyak yang menyangka ekspor terlaris berikutnya adalah Toyota Avanza dan Toyota Rush sebab keduanya paling laris di Indonesia. Ternyata tidak, posisi kedua penjualan Toyota terlaris di pasar ekspor menurut informasi TMMIN adalah model hatchback Toyota Wigo alias Toyota Agya.

>>> Kabar Baik, Rekor Ekspor Tertinggi Dicetak Oleh Mobil Toyota Rakitan Indonesia

Foto Toyota Wigo dari arah samping, terlihat sama persis dengan Toyota Agya yang dijual di Indonesia

Dieskpor ke berbagai negara, Toyota Agya berubah nama menjadi Toyota Wigo

Mobil berdimensi kecil dengan kapasitas penumpang hanya 5 orang ini mengusai pasar ekspor Toyota sebesar 19 persen dengan unit terkirim sebanyak 5.900 unit. Bahkan jika dibanding dengan hasil penjualan Toyota Agya di pasar lokal, ekspor Toyota Wigo jumlahnya jauh lebih besar. Sepanjang Januari-Februari 2019 penjualan Toyota Agya di tanah air sebanyak 3.312 unit atau sebesar 6,8% dari seluruh penjualan Toyota yang jumlahnya 48.541 unit.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) diketahui Toyota Wigo dikirim ke 10 negara yaitu Filipina, Brunei, Guatemala, Honduras, Elsavador, Kostarica, Peru, Aruba, Curacao, St Kitts, Vietnam, Bermuda, Lebanon, Guyana, dan Bahama.

Toyota Rush yang mengalami perombakan total di awal 2018 menempati peringkat ketiga ekspor Toyota dengan jumlah unit terkirim sebanyak 5.330 unit atau sebesar 17%, lalu Avanza sebanyak 4.180 unit, Vios sebanyak 3.270 unit, Lite Ace / Town Ace sebanyak 2.280 unit, gabungan Innova, Sienta, dan Yaris sebanyak 1.700 unit. Peringkat penjualan Toyota di pasar ekspor di atas masih sangat mungkin untuk berubah mengingat tahun 2019 baru berlalu tiga bulan.

>>> Review Toyota Vios 2019 Versi Ekspor

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

  • Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    11/01/2021| Abdul

    Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    Lohgo baru GM dihadirkan untuk menjadi bukyti bahwa pihaknya telah siap untuk masuk dalam era kendaraan listrik. Bahkan CEO GM menggelontorkan dana besar untuk membuat kendaraan listriknya. Meskipun begitu, sebelumnya GM sudah memperkenalkan produknya dalam segmen mobil listrik yaitu Hummer EV dan Cadillac Lyriq.

  • Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    11/01/2021| Abdul

    Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    SPBU Shell saat ini sudah disediakan untuk kota-kota kecil. Karena sebelumnya hanya disediakan untuk kota besar saja. Dengan begitu masyarakat tentunya akan lebih mudah beraktivitas menggunakan kendaraan saat bahan bakar bisa didapatkan dengan lebih mudah.

  • Tambah Lagi 10 SPBU di Lampung Yang Menjual Pertamax Turbo

    11/11/2020| Fatchur Sag

    Tambah Lagi 10 SPBU di Lampung Yang Menjual Pertamax Turbo

    Dengan penambahan 10 outlet baru di awal November 2020, jumlah SPBU di Lampung yang menjual Pertamax Turbo menjadi 25 SPBU yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota.

International