Beda Kepentingan, Toyota Transmover Tak Ikut Dirombak Seperti New Avanza

11/07/2019 | Fatchur Sag

Mengawali perjalanannya di awal 2019, Toyota melakukan gebrakan dengan meluncurkan Toyota Avanza facelift. Penyegaran dilakukan di beberapa bagian mulai dari eksterior, interior hingga beberapa fitur. Meski tak sesuai dengan ekspektasi banyak orang yang berharap Toyota Avanza 2019 ini berubah total menjadi All New, tampilan sekarang diakui lebih segar dan lebih menjual. Bagian depannya tampak lebih modern dengan desain lampu bertumpuk seperti Toyota Vellfire. Begitu pula dengan grille dan foglampnya juga ditata lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Foto Toyota New Avanza 2019 tampak dari samping depan

Tampilan depan Toyota Avanza 2019 yang sedikit berbau Vellfire

Sayang, penyegaran yang dilakukan Toyota Astra Motor (TAM) hanya untuk Toyota Avanza dan varian tertingginya, Toyota Veloz. Tidak sampai menyentuh Toyota Transmover yang selama ini turut menyumbang penjualan. Menurut TAM, Toyota Transmover punya objektifivas berbeda dengan sisi fungsional lebih penting ketimbang desain. "Objektifnya Transmover berbeda, karena mereka lebih banyak fokus pada fungsi daripada desain. Jadi dengan desain lama selama fungsi dan durabilitasnya sama itu tetap diterima konsumen," tutur Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy seperti dikutip dari Kompas, (10/7/2019).

Terkait penyegaran Transmover, Anton menuturkan suatu saat pasti bakal disegarkan. Namun detail waktunya kapan itu relatif. Bisa segera bisa juga lama tergantung kondisi pasar dan pemintaan konsumen. "Pastinya kita akan diskusi dengan kustomer kira-kira dari kustomer butuhnya apa ubahannya apa, tapi saat ini belum, mungkin juga sampai tahun depan kita masih kontinyu (mempertahankan tampilan lama)," jelas Anton.

>>> Perlahan Tapi Pasti, Taksi Listrik Mulai Gantikan Black Cabs di Kota London

Foto Toyota Transmover jadi armada taksi Blue Bird

Ditujukan buat konsumen fleet, Toyota Transmover tak mengalami penyegaran

Sejak kemunculannya pada 30 November 2016 silam, Toyota Transmover memang ditujukan memenuhi kebutuhan transportasi publik. Sasarannya konsumen fleet seperti pengusaha taksi dan travel, bukan untuk konsumen individu. Karenanya harga mobil ini ditekan sangat rendah.

Dari sisi kontribusi Transmover cukup memberi kontribusi terhadap penjualan Avanza series meski tidak sebesar saudaranya si Avanza dan Veloz. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Toyota Transmover di tahun 2018 mencapai 3.371 unit. Sedangkan untuk tahun 2019 ini dari Januari hingga Mei sudah terjual 2.240 unit.

>>> Penjualan Mei 2019 : Avanza Berjaya, Yang Ini 'Nelangsa'

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 17/09/2019 | Abdul

    Kabar Gembira, Fasilitas Uji Coba Kendaraan Baru Akan Dimiliki Indonesia

    Produksi mobil mempunyai beberapa tahapan yang perlu dilakukan, dari pembentukan rangka sampai perakitannya. Bahkan sebelum sampai ke konsumen, kendaraan dalam kondisi baru dilakukan pengujian. Uji coba yang dilakukan bertujuan untuk memastikan produknya aman sampai ke tangan konsumen. Tapi kabar baiknya adalah ada informasi bahwa Indonesia akan mempunyai fasilitas uji coba kendaraan baru.

  • 12/09/2019 | Fatchur Sag

    Tahun 2030 Mobil BBM Tak Boleh Beredar Di Jalanan Skotlandia

    Tren kendaraan elektrik saat ini menjadi hal yang asyik diperbincangkan di berbagai negara di dunia. Bahkan beberapa negara secara tegas memberlakukan peraturan terkait kendaraan listrik dan menganggap bahwa kendaraan konvensional seperti mobil BBM saat ini menjadi salah satu sumber polusi udara.

  • 10/09/2019 | Abdul

    Lebih Aman, Tingkat Tabrakan Dikurangi 81% Dengan Sistem Pengereman Otomatis Belakang

    Terdapat beberapa orang yang masih ragu dengan sistem pengereman otomatis belakang pada kendaraan otonom. Namun ternyata dalam sebuah studi, teknologi pengereman tersebut bisa mengurangi terjadinya tabrakan sampai 81%.