“Attack Mode” pada Balapan Formula E, Ultra Boost Mirip Game Mario Kart

07/12/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Untuk memberikan tambahan adrenalin dan membuat balapan semakin seru, Formula E memberikan tambahan “Attack Mode” yang bisa diaktivasi layaknya game balap.

Ketika musim baru balap mobil listrik dimulai bulan ini, pembalap Formula E akan mendapatkan tombol “Attack Mode” yang mirip dengan ultra-boost pada game Mario Kart atau Crash Team Racing. Tombol yang diletakkan pada kemudi akan membantu mobil memberikan dorongan daya untuk melewati pembalap lain atau mempertahankan keunggulan. Tapi seperti semua bantuan lainnya, ada beberapa aturan.

Gambar mode Attack Formula E

Formula E akan menggunakan mode baru ini pada seri 2018/2019

Mendapatkan alat bantu terdengar seperti pada game balap anak-anak, tetapi sebenarnya cukup umum dalam balapan sebenarnya. Formula 1 memiliki Drag Reduction System yang memberikan mobil keunggulan aerodinamis, IndyCar mendapatkan sistem push-to-pass, dan sekarang Formula E memiliki “Attack Mode”.

>>> Hobi Berduit, Model Skala Ford GT 2006 Dijual Seharga 500 Jutaan

Tetapi mode Formula E mungkin yang paling rumit dan terbatas dari ketiganya. Penggunaan terbatas, sehingga mobil tidak bisa menggunakannya terus-menerus. Diumumkan Senin lalu, rencananya mode ini berlaku pada musim pembuka 2018-2019 di Arab Saudi akhir pekan depan.

Gambar balapan Formula E

Mode baru ini diharapkan bisa mengangkat popularitas Formula E

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Untuk mengaktifkannya, pengemudi harus berada di area tertentu dari trek yang tidak sesuai dengan garis balap. Setelah pindah jalur dan menuju area lintasan yang lebih lambat, Mode Attack bisa diaktifkan dan memberikan dorongan daya sementara dari 268 hingga 302 daya kuda.

Formula E mengatakan dalam pengumumannya tentang mode baru ini bahwa pengemudi bisa menggunakannya kapan saja selama balapan dari lap kedua, apakah untuk melewati mobil lain atau mempertahankan keunggulan. Tetapi untuk mencegah pertandingan ini menjadi pertandingan boost, FIA akan memutuskan “periode waktu dan jumlah aktivasi yang tepat” yang diizinkan setiap balapan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Mode Attack yang digunakan pada Formula E

Yang menarik dari pengaturan Attack Mode ini adalah Formula E memiliki ide bagus untuk memperkenalkannya pada balapan tanpa banyak penjelasan. Siaran pers mengatakan zona aktivasi mode ini di luar garis balap akan diberikan pada setiap balapan dan pengemudi yang menggunakannya akan mendapatkan tanda yang menyala.

Cara ini tentu saja untuk membuat Formula E menggaet lebih banyak penonton, bersaing dengan Formula 1 yang sudah lebih dulu dikenal di seluruh penjuru dunia. Namun apakah mode ini akan menghasilkan balapan yang bagus? Kita lihat saja.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca