Ashirase, Startup Honda Bikin Sistem Navigasi Pada Sepatu Untuk Para Tunanetra

28/07/2021| Abdul

Tidak hanya mobil dan sepeda motor, Honda juga membuat sistem navigasi yang dipasangkan pada sepatu. Jadi Startup didirikan oleh pihak Honda Motor Co Ltd yang asalnya dari Ignition dengan nama Ashirase, Inc. Adapun yang dikembangkan adalah sistem navigasi pada sepatu sehingga para tunanetra nantinya dapat berjalan kaki dengan dukungan sepatu canggih yang sudah dipasangi sistem navigasi dari Honda tersebut.

Gambar ini menunjukkan sepatu dan ponsel dijejerkan

Sepatu dengan sistem navigasi canggih untuk tunanetra

>>> Teknologi Terbaru Toyota Telah Dikembangkan, Sistem Navigasi Untuk Kendaraan Otonom

Jadi Ashirase sendiri merupakan sistem navigasi yang terdapat pada aplikasi smartphone dengan dibekali perangkat getaran 3D. Dalam hal ini yang terpasang pada sepatu tersebut adalah perangkat getaran 3D. Adapun cara kerjanya adalah pada saat pengaturan rute dilakukan melalui aplikasi maka navigasi akan disediakan dengan mengandalkan perangkat yang dapat bergetar.

Jadi pada saat seseorang menggunakan sepatu dengan sistem navigasi dari Honda dan berjalan lurus, maka bagian depan kaki akan terdapat getaran dari perangkat getaran. Kemudian saat mendekati belokan juga akan bergetar untuk posisi perangkat yang di sebelah kanan dan kiri tergantung belokannya ke mana. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan instruksi pada penggunanya sehingga bisa berbelok.

Ashirase menyediakan sistem navigasi yang diberikan pada sepatu untuk membuat pengguna bisa berjalan dengan lebih aman, mengingat dari segi penglihatan sudah terbatas sehingga para tunanetra biasanya kerap mengalami masalah seperti misalnya jatuh ataupun tersesat.

Gambar ini menunjukkan Wataru Chino memegang sepatu dengan sistem navigasi

Motivasi membuat sistem navigasi karena salah satu anggota keluarga Wataru Chino mengalami kecelakaan

Dari pihak Wataru Chino selaku Representative Director of Ashirase, Inc menyebutkan, “Kecelakaan yang dialami oleh salah satu anggota keluarga saya memotivasi saya untuk mengambil tindakan untuk mewujudkan mobilitas yang lebih aman dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra.”

“Saya yakin bahwa kami akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase. Namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra.” ucapnya dilansir dari laman resmi Honda 27/7/2021.

Sistem navigasi pada sepatu dari Honda tersebut terdapat fitur utama di dalamnya. Jadi informasi panduan diberikan di dalamnya yang ditujukan kepada pengguna tunanetra dengan dasar pembuatannya adalah informasi posisi GNSS (Global Navigation Satellite System). Untuk informasi yang diberikan seperti navigasi, waktu satelit dan sistem penentuan posisi dengan dasar gerakan dari kaki penggunanya.

>>> Jangan Risau Tak Ada GPS, Inilah 5 Penunjuk Jalan Lain Yang Bisa Digunakan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja sistem navigasi pada sepatu dari Honda

Ilustrasi kinerja dari sistem navigasi di dalam sepatu

Untuk navigasi yang disediakan dengan mengandalkan getaran kaki jadi tangan penggunanya tidak akan terganggu ketika memegang tongkat. Begitupun dengan telinga yang berguna untuk mendengarkan suara dari arah sekitar. Getaran yang terdapat pada sepatu dengan sistem navigasi  ini membuat penggunanya mudah merasakan getaran, karena alat getar diposisikan sejajar dengan lapisan saraf kaki.

Rencananya untuk penjualan sistem navigasi pada sepatu tersebut akan dimulai pada 31 Maret 2023, jadi masih 2 tahunan lagi. Tentunya dengan kehadiran sepatu tersebut diharapkan bisa membantu aktivitas para tunanetra dan kami juga berharap setelah sukses di Jepang bisa merambah ke negara-negara lain. Dengan begitu para tunanetra bisa mempunyai aktivitas yang lebih baik dan lebih aman.

>>> Baca berita otomotif lainnya di Mobilmo.com!

International