Ada-Ada Saja, Robot Ford Siap Uji Daya Tahan Kursi Terhadap Keringat di Pantat

12/01/2019 Padli Nurdin Pasar Mobil

Ada-ada saja yang dilakukan oleh produsen otomotif untuk memastikan daya tahan komponen kendaraan mereka. Salah satunya Ford yang meneliti daya tahan kursi kain terhadap keringat dari pengemudi dan penumpang.

Teknisi Ford di Eropa mencoba untuk meneliti daya tahan kursi terhadap keringat yang berasal dari pantat pengemudi. Karena itu, Ford Eropa akhirnya membuat simulator robot yang disebut dengan Sweatty Robutt (atau Roboboutt) untuk pengujian ketahanan kursi pada mobilnya. Dengan robot baru tersebut, Ford Eropa mulai menguji ketahanan jok Ford Fiesta.

Pengemudi berbaju abu-abu yang berkeringat

Keringat pengemudi akan membuat kursi kain lebih mudah rusak

>>> Dikenal Lebih Kuat Dari Baja, Ini Kekurangan Serat Karbon

Robot tersebut dimaksudkan untuk mensimulasikan seseorang masuk dan keluar dari mobil dalam keadaan bawah kuyup. Dan Ford membangun robot tersebut berdasarkan tes yang sudah dilakukan ketika pengemudi keluar dan masuk mobil dalam keadaan kering.

Ford mengatakan kedua tes tersebut meniru satu dekade pemakaian kendaraan, dengan tes keringat berlangsung selama tiga hari, robot otomatisasi Kukla dilengkapi dengan pantat boneka, dipanaskan hingga mendekati suhu manusia dan mendapatkan sekitar 450 mililiter air dan menciptakan kondisi pantat yang basah. Sementara itu, robot ‘duduk, melompat, dan berputar’ di kursi 7.500 kali saat basah dan dipanaskan hingga hampir 36 derajat Celcius.

>>> Dapatkan beragam informasi unik pasar otomotif hanya di Mobilmo

Ford mengatakan Robobutt membantu memastikan kursi mobil kendaraannya terlihat bagus, tidak peduli apakah pengemudi berkeringat atau tidak. Kursi bersertifikasi Robobutt diperkenalkan tahun lalu untuk pengujian Ford Fiesta di Eropa, tetapi sekarang diluncurkan untuk pengujian semua kendaraan Ford di benua tersebut.

Begini cara Ford menguji ketahanan kursi mobil dari keringat pengemudi

Tentu saja, tidak ada kursi yang sanggup menahan semua keringat yang berjatuhan, terlebih setelah berjalan di siang hari yang panas. Beberapa orang menyebutkan bahwa Anda bisa menggunakan larutan air dan cuka putih dengan perbandingan 2:1 untuk menghilangkan noda dan bau keringat pada kursi kain.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca