Tesla Model 3, Mobil Listrik Terlaris di Amerika Resmi Dijual di Indonesia

03/09/2019 | Fatchur Sag

Prestige Image Motorcars tidak membutuhkan waktu lama untuk menunjukkan dukungannya terharap program percepatan kendaraan listrik yang digalakkan Pemerintah. Setelah sebelumnya menghadirkan Tesla Model X dan Tesla Model S, importir mobil mewah tersebut kini menghadirkan model ketiganya, Tesla Model 3. Peluncuran dilakukan di Mall Pacific Place, Jakarta Selatan pada Sabtu (31/8/2019) seperti yang telah direncanakan.

Foto saat peluncuran Tesla Model 3 di Jakarta

Tesla Model 3 resmi dijual di Indonesia

Mobil ini diimpor secara utuh (CBU) dari pabriknya di Amerika Serikat dan dijual dengan harga lebih dari Rp 1 miliar off the road Jakarta. Harga tersebut menurut Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudi Salim merupakan harga yang terjangkau, bukan harga yang mahal mengingat manfaat besar dari penggunaannya di jalan raya. Harga Tesla Model 3 bahkan lebih rendah dibanding Model X dan Model S.

"Kami turut mendukung pemerintah terkait program percepatan kendaraan listrik dengan berbagai insentif yang ada, harapannya agar hijrah ke elektrifikasi agar tidak berkontribusi lagi dalam pencemaran kualitas udara” kata Rudy seperti dikutip dari JPNN, (31/8/2019).

Sebagai informasi, Tesla Model 3 merupakan mobil listrik paling fenomenal di Amerika Serikat karena penjualannya yang sangat tajam jauh di atas mobil listrik lain. Insideevs.com menulis data penjualan Tesla Model 3 sepanjang tahun 2018 dari Januari hingga Desember menduduki peringkat pertama dengan raihan penjualan sebanyak 139.782 unit. Disusul Tesla Model X di urutan kedua yang meraih penjualan sebanyak 26.100 unit dan Tesla Model S di urutan ketiga dengan raihan penjualan sebanyak 25.745 unit.

Tahun 2019, dari Januari hingga Juli Tesla Model 3 sudah terjual sebanyak 81.000 unit. Sedangkan Model X baru terjual sebanyak 10.225 unit dan Model S sebanyak 8.200 unit.

>>> Mobil Listrik Jaguar XJ Siap Tantang Tesla Model S

Foto Tesla Model 3 diluncurkan di Indonesia oleh Prestige Image Motorcars

Tesla Model 3 dijual dengan harga paling terjangkau dibanding Model 3 dan Model X

Di Indonesia, Prestige Image Motorcars menawarkan tiga varian untuk Tesla Model 3 ini yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance serta lima warna pilihan yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat. Perbedaan ketiganya terletak pada drive train dan performa.

  • Varian Standard Range Plus menggunakan penggerak roda belakang (RWD) dengan akselerasi 0-100 km per jam 5,3 detik dan kecepatan maksimum 225 km per jam,
  • Varian Long Range menggunakan penggerak semua roda (AWD) dengan akselerasi 0-100 km per jam 4,4 detik dan kecepatan maksimum 233 km per jam, dan
  • Varian Performance menggunakan penggerak semua roda (AWD) dengan akselerasi 0-100 km per jam 3,2 detik dan kecepatan maksimum 261 km per jam,

Salah satu yang istimewa lagi dari Tesla Model 3 selain kualitas produknya yang tak perlu diragukan, mobil listrik ini dibekali kamera belakang paling detail. Bukan hanya mampu menampilkan visual yang sangat jernih, tapi juga menampilkan jarak antara kendaraan dengan objek di belakang dalam ukuran centimeter.

>>> Mulai 2030 Kandungan Konten Lokal Mobil Listrik Minimum Harus 80 Persen

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik