Mobil Listrik Jaguar XJ Siap Tantang Tesla Model S

10/07/2019 | Fatchur Sag

Jaguar, salah satu pabrikan mobil asal Inggris tak lama lagi bakal meluncurkan varian listrik Jaguar XJ sebagai mobil masa depan. Mobil yang rencananya akan diproduksi di Castle Bromwich ini diproyeksi menjadi pesaing terberat Tesla Model S.

Gambar Sketsa mobil listrik Jaguar XJ yang tengah disiapkan

Jaguar bakal menghadirkan mengganti sedan XJ menjadi mobil listrik

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Seperti dikutip dari laman Autoevolution (5/7/2019), line up Jaguar varian listrik ini nantinya akan mulai diperkenalkan pada tahun 2020 bersamaan dengan model terbaru New Defender. Peluncuran mobil listrik merupakan komitmen Jaguar untuk melahirkan generasi bebas emisi di Inggris

"mobil masa depan ada pada model kendaraan listrik. Dan ini menjadi komitmen kami untuk bisa melahirkan kendaraan generasi bebas emisi di Inggris," tutur Chief Executive Officer (CEO) Jaguar Land Rover Automotive (JLR)'s, Ralf Speth.

Selain itu Ralf Speth juga memberikan penjelasan bahwa untuk kedepanya Jaguar tidak akan lagi memproduksi XJ Luxury sedan versi standar akan tetapi produksi tersebut dialihkan menjadi mobil listrik.

"Kami mencari lokasi untuk bisa memproduksi mobil listrik ini, dan Electronic Drive Units dan produksi baterai diputuskan untuk bisa diproduksi di pabrik Castle Bromwich. Dan kami tidak akan lagi memproduksi XJ Luxury sedan," ujar Ralf.

>>> Jadi Jawara Di AS, Penjualan Tesla Model 3 Langsung Ngegas Di Awal 2019

Foto menunjukkan sedan mewah Jaguar XJR575 melintas di jalanan

Jaguar XJ, salah satu line up Jaguar yang paling mewah

Untuk kelistrikan dapur pacu Jaguar rencananya bakal membekali Jaguar XJ dengan menggunakan baterai yang sama digunakan pada I-Pace. Sedangkan untuk platformnya sendiri akan menggunakan Modular Longitudinal Architecture (MLA) seperti platform yang sebelumnya telah digunakan oleh Jaguar Land Rover. Jika memang benar demikian maka kemungkinan besar Jaguar XJ terbaru nantinya akan mengusung All Wheel Drive.  

Sebagai mobil yang ramah lingkungan untuk bisa mengusung tenaga listrik, Mild Hybrid to plug-in Hybrid bakal diaplikasikan di Jaguar XJ model terbaru.

Saat ini hanya model I-Pace saja yang menjadi satu-satunya mobil listrik murni yang ada dalam line up Jaguar. I-Pace dibekali 2 penggerak motor listrik dan baterai 90 kWh. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan mobil ini mampu menyusuri jalan raya hingga 470 kilometer atau 292 mil.

>>> Jaguar I-PACE Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik Di Dunia

Layak dinanti apakah performa mobil listrik Jaguar XJ nantinya bakal lebih baik dari I-Pace, atau justru di bawahnya.

Foto menunjukkan mobil listrik Jaguar I-pace, tampil mencolok dengan warna merah

Saat ini hanya I-Pace saja, line up Jaguar yang murni listrik seratus persen

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik