SUV Crossover Nissan Ariya, Mobil Listrik Masa Depan Dengan Beragam Fitur Canggih

04/11/2019| Fatchur Sag

Pameran otomotif spektakuler Tokyo Motor Show 2019, pagelaran acara yang digelar dua tahun sekali tersebut memanglah menjadi peluang bagus sebagai tempat promosi bagi produsen otomotif dari berbagai Negara di dunia. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Nissan salah satu pabrikan mobil ternama yang juga ikut berkiprah dalam meramaikan tren mobil listrik.

Foto Nissan Ariya Concept di pameran Tokyo Motor Show 2019

Mejeng di TMS 2019, siap diluncurkan?

Dalam kesempatan emas tersebut Nissan memamerkan kendaraan konsep terbarunya Electric Vehicle (EV) sebagai mobil ramah lingkungan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur masa depan. Nissan Ariya, SUV Crossover dan menjadi mobil konsep pertama yang dijadikan highlight booth Nissan di ajang TMS 2019.

Untuk basisnya sendiri mobil konsep terbaru buatan Nissan ini mengembangkan basis iMX seperti yang telah diungkapkan oleh Kunio Nakaguro, Senior Vice President for Research and Development Nissan, ”Model ini dikembangkan dari basis iMX yang kami tampilkan pada TMS sebelumnya,”.

Selain itu melalui Ariya, Nissan mengaku siap untuk ikut meramaikan persaingan di segmen pasar EV premium. Pasalnya SUV Crossover Ariya sudah dibekali dengan mesin bertenaga listrik yang tentunya jauh lebih canggih bila dibandingkan dengan motor listrik yang digunakan pada Nissan Leaf saat ini.

>>> Pakai Platform Baru, Toyota Mirai 2021 Tampak Menakjubkan

Foto Nissan Ariya Concept tampak dari belakang

Desain yang futuristik dari sisi manapun

Dalam membekali mesin Nissan tidak tanggung-tanggung, dua motor listrik ditanamkan sebagai penggerak atau dapur pacu pada Ariya, satu motor listrik menggerakkan axle depan dan yang satunya sebagai penggerak axle belakang. Ketahanan daya pada motor listrik tersebut juga sangat luar biasa, hanya dengan sekali cas mampu menempuh jarak 482 kilometer. Sementara untuk akselerasinya juga tak perlu diragukan lagi, dalam rentang waktu kurang dari 5 detik mampu melesat 0-100 km/jam yang hampir setara dengan akselerasi standar supercar, 3-5 detik.

Selain itu fitur keamanan terbaru juga dibekalkan pada Nissan Ariya, propilot 2 dengan sistem autonomous juga dipastikan lebih canggih dari propilot 1 yang dipakai Nissan sebelumnya.

”Konsep ini akan terus kami kembangkan dan harapannya bisa menyentuh lini produksi pada tahun 2021,” lanjut Nakaguro.

Selain memamerkan mobil konsep elektrik SUV Crossover berbasis iMX, di pameran TMS 2019 nissan juga memamerkan produk konsep lainnya yang dikembangkan dari basis IMk. Mobil compact yang menyasar di segmen city car dengan tampilan desain yang lebih mainstream dibandingkan Nissan Ariya. Bentuk eksteriornya model boxy layaknya mobil keluarga yang mementingkan ruang kabin lebih luas dan lega.

>>> Review Nissan IMk Concept 2019: Perkenalan Teknologi Canggih Nissan

Foto Kabin Nissan Ariya Concept

Nissan Ariya Concept, berbekal banyak kecanggihan

Demi memanjakan serta memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap konsumen, seperti halnya Nissan Ariya, IMk Concept juga sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih masa depan, seperti Propilot 2, remote park yang berfungsi memarkirkan mobil secara otomatis, serta pengemudi dapat memanggil mobil dari tempat parkir hanya dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi.

”Kami menyebutnya sebagai ultimate urban commuter. Model ini dibangun dari desain platform yang benar-benar baru,” kata Nakaguro.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo