Sinyal Menyala, Tak Lama Lagi Crossover Toyota C-HR Hybrid Bakal Hadir Di Indonesia

23/03/2019 | Fatchur Sag

Sejak diluncurkan pertama pada pertengahan Desember 2016 silam Toyota C-HR Hybrid langsung menjadi salah satu unggulan Toyota di Jepang dan beberapa negara lain di Eropa. Di Indonesia Toyota C-HR Hybrid mulai diperkenalkan ke publik pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, lalu berkali-kali tampil di berbagai pameran otomotif. Meski demikian hingga sekarang Toyota C-HR Hybrid belum juga resmi dijual di Indonesia.

>>> Siap-Siap, Toyota Corolla Bermesin Mesin Hybrid Akan Meluncur Tahun Depan

Foto Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2017

Toyota C-HR Hybrid masih ditunggu kehadirannya di Indonesia

Nah, kabar baik disampaikan pihak Toyota belum lama ini. Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono sudah memberikan sinyal sebagai pertanda akan kehadiran mobil crossover tersebut untuk konsumen Toyota di tanah air. Menurut Warih, bahwa Toyota C-HR Hybrid merupakan salah satu produk yang cukup bagus sebagai sarana untuk menjembatani produknya menuju produk kendaraan yang sangat ramah terhadap lingkungan.

“Kami akan pilih produk yang kompetitif. C-HR hybrid kan sudah ada. Nanti produknya akan di umumkan di waktu yang tepat. Kita sambut era baru EV,” ucap Warih saat ditemui awak media pada hari Selasa (19/3/2019) lalu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tidak dijelaskan kapan waktu peluncurannya dan berapa harga jual mobil ini. Warih hanya menyampaikan kalau dirinya sangat meyakini bahwa kehadiran mesin dengan teknologi hibrida bisa menjadi jembatan transisi sebelum kendaraan bermesin konvensional beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya, terlebih mobil hybrid tersebut juga tidak membutuhkan infrastruktur seperti halnya mobil listrik seratus persen.

“Berdasarkan penelitian, hybrid itu 40 persen lebih baik dari kendaraan komersial. Tidak perlu logika. Dari penghematan bahan bakar, bila penghematan dengan B20 bisa 5,5 juta dollar AS, ini bahkan bisa dua kali lipat,” ujar Warih.

>>> Hebat, Toyota Sudah Jual Lebih 10 Juta Mobil Hybrid Selama 21 Tahun

Foto interior Toyota C-HR Hybrid

Toyota C-HR Hybrid tampil dengan interior mewah

Sebagai tambahan dari sekian banyak model Toyota yang dijual di Indonesia, hanya All New Camry dan Alphard yang menyediakan varian hybrid. Camry Hybrid dijual dengan harga Rp 809.4 juta, sedang Alphard Hybrid TAM tidak mencantumkan harga di situs resminya. Sementara untuk Toyota C-HR ada dua tipe yang ditawarkan yaitu Single Tone dengan harga Rp 492.350.000 dan Dual Tone dengan harga Rp 493.850.000.

Dari sisi penjualan Toyota C-HR juga tidak bagus-bagus amat. Sepanjang tahun 2018 penjualan (wholesales)-nya hanya sebanyak 441 unit. Untuk tahun 2019 ini, dua bulan pertama Toyota C-HR hanya terkirim 2 unit saja, 1 unit di bulan Januari dan 1 unit lagi di bulan Februari. Toyota tentu berharap jika peluncuran Toyota C-HR Hybrid dari kenyataan akan bisa mendongkrak penjualan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Foto Toyota C-HR tampak dari belakang

Penjualan Toyota C-HR di Indonesia masih jauh di bawah harapan

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik