Porsche Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche Resmi Meluncur di 3 Benua Sekaligus

07/09/2019| Fatchur Sag

Pabrikan mobil sport asal Jerman, Porsche resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Porsche Taycan pada Rabu, (4/9/2019) setelah sekian lama ditunggu oleh para pecinta mobil sport. Seremoni spektakuler dilakukan secara serempak di tiga benua sekaligus yang diwakili 3 negara terpilih, Jerman mewakili Eropa, Kanada mewakili Amerika, dan Tiongkok mewakili Asia. Seremoni juga bisa disaksikan di seluru dunia karena ditayangkan secara live di channel newstv.porsche.com.

Foto menunjukkan Porsche Taycan Turbo S tampak dari samping depan

Desain eksterior Porsche Taycan menunjukkan desain khasnya Porsche, namun lebih modern

Dalam keterangan resmi yang dirilis laman Porsche.com, (4/9/2019), model pertama yang bakal dijual di tiga negara tersebut adalah Taycan Turbo dan Taycan Turbo S sebagai varian pertama di jajaran Porsche Taycan E-Performance. Varian ini bakal bertambah dengan kehadiran Taycan Cross Turismo tahun depan, dan akan dikembangkan lagi pada tahun berikutnya dengan investasi lebih dari 6 miliar Euro di tahun 2022 mendatang.

Dalam seremoni peluncuran nampak Porsche Taycan dengan balutan warna putih di sekujur bodi. Desain yang diusung tetap menunjukkan desain khasnya Porsche. Makin kental nuansa sporty-nya karena mobil ini dibekali roda dengan velg berwarna puih dan jari-jari warna hitam. Logo Porsche terpampang jelas di tengah-tengah.

Di bagian depan terdapat lampu utama menyorotkan sinar empat titik di kanan dan empat titik di kiri. Sedangkan di bagian belakang lampu utama presisi segaris dengan tail light dengan tulisan Porsche tepat di bawahnya dan emblem identitas di bawahnya lagi.

>>> Serba Original Porsche 356 Ini Dijual Rp 1.1 Miliar, Tapi...

Foto menunjukkan Porsche Taycan Turbo S tampak dari samping depan

Desain belakang Porsche menunjukkan sebuah identitas

Di bagian interior berbagai sistem pengoperasian kendaraan semuanya digital yang divisualkan melalui layar 10.9 inchi di bagian kanan kursi pengemudi, juga di bagian dashboard depan serta cluster instrument canggih di balik kemudi. Di bagian tengah atas dashboard terdapat jam analog dikombinasi dengan penunjuk waktu digital. Desainnya unik menyembul ke atas layaknya mata crocodile yang menatap tajam.

Untuk performa mobil listrik Porsche Taycan dibekali baterai lithium-ion Performance Plus berkekuatan 93.4 kWh, dengan sistem tegangan hingga 800 volt, jauh lebih tinggi dibanding mobil listrik biasa yang umumnya hanya 400 volt. Dengan bekal tersebut tenaga yang dihasilkan mencapai 460 kW (625 PS) atau setara 616 Hp dan torsi maksimum 1.050 Nm. Sedangkan kecepatan maksimum dihasilkan mencapai 260 km per jam dan akselerasi 0-100 km per jam hanya butuh waktu 2.8 detik.

>>> Ganti Pelek Lebih Ringan Bikin Akselerasi Mobil Ngacir

Foto menunjukkan bagian Interior Porsche Taycan Turbo S

Foto jam analog Porsche Taycan Turbo S dengan desain unik

Interior Porsche Taycan dilengkapi beragam fitur dan pengoperasian canggih

Untuk harga, mengutip dari Motor1.com, Taycan Turbo dijual dengan harga $151.000 atau setara Rp 2,1 miliar dan Taycan Turbo S dijual dengan harga $185.000 atau setara Rp 2,6 miliar. Perbedaan terletak pada powernya dimana Taycan Turbo menghasilkan tenaga maksimum 670 Hp (dengan overboost) dan Taycan Turbo S menghasilkan tenaga maksimum 750 Hp (dengan overboost).

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International