Pengamat Mobil Bekas : Toyota – Daihatsu Harus Ganti Baju Avanza Xenia

21/11/2017| Mobilmo.com

Hingga kini duet Avanza Xenia masih kokoh di puncak segmen low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Keduanya menjadi model paling banyak dibeli konsumen dalam setiap bulan. Namun, kehadiran model baru Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander tidak bisa diabaikan begitu saja. Kedua model baru tersebut memiliki potensi besar mengancam pasar duet Avanza Xenia. Bukan hanya di pasar mobil baru, pasar mobil bekas juga ikut terpengaruh.

Mengomentari kondisi tersebut, Manager Senior WTC Mangga Dua sekaligus pengamat pasar mobil bekas, Herjanto Kosasih menuturkan, jika tak ingin pasar Avanza Xenia tergerus mau tidak mau Toyota dan Daihatsu harus meluncurkan produk baru dengan image dan brand yang lain dari produk andalan mereka sebelumnya, Avanza Xenia. Langkah ini dirasa perlu guna mengantisipasi agar konsumen tidak kepincut dan beralih ke produk kompetitor. "Toyota dan Daihatsu harusnya ganti baju Avanza Xenia, dan harga harus dikurangi juga," tutur Herjanto kepada salah satu media otomotif nasional, Senin (20/11/2017).

Menurutnya, munculnya model baru Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander dengan segala fitur dan kelebihannya telah membuka cakrawala baru di mata masyarakat. Mitsubishi Xpander menawarkan desain kemewahan ala mobil-mobil SUV, namun dengan harga mobil low MPV seperti umumnya LMPV yang lain. Sedangkan Wuling Confero memikat konsumen dengan banderol harga yang sangat terjangkau di kantong masyarakat. Terpaut jauh dari harga low MPV para kompetitor. Tanpa mengurangi aspek keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Selain memberi masukan Toyota – Daihatsu untuk menciptakan produk baru, Herjanto juga memberi masukan lain. Jika keduanya benar-benar membuat model baru di segmen low Multi Purpose Vehicle (LMPV), sebaiknya nama Avanza Xenia tidak lagi digunakan. Tujuannya agar perasaan para konsumen yang belum lama membeli tidak terganggu kenyamanannya.

Seperti diketahui, Mitsubishi Xpander yang diluncurkan pada pameran GIIAS Agustus 2017 di Tangerang ditawarkan dengan harga terendah Rp 189 jutaan harga tertinggi Rp 246 jutaan. Sedangkan untuk Wuling Confero dijual dengan harga Rp 128.8 juta untuk tipe standar, Rp 150.9 juta untuk Confero S tipe C dan Rp 162.9 juta untuk Confero S tipe L. Semuanya OTR Jakarta.

International