Mobil Otonom Honda Dikembangkan Dengan Kolaborasi 3 Perusahaan

29/01/2021| Abdul

Kendaraan otonom merupakan sebuah kendaraan tanpa awak atau sopir. Tentunya mobil tersebut dibekali dengan teknologi yang canggih. Nah untuk kali ini kami akan membahas mobil otonom Honda yang sedang dikembangkannya yakni Cruise Origin.

Seperti yang telah diketahui, bahwa mobil memiliki beberapa pedal dan dikendalikan oleh seseorang supaya bisa melaju dengan baik. Namun berbeda lagi dengan kendaraan otonom yang pengoperasiannya dilakukan tanpa sopir. Bahkan pedal gas ataupun setir juga tidak terdapat di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan 2 orang masuk mobil otonom

Pengembangan dan pengujian dilakukan di Jepang

>>> Baca Juga, Resmi Hadir Di Thailand, Ini Fitur Dan Performa Honda Odyssey Facelift

Adapun kendaraan otonom tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Honda dengan Cruise dengan General Motors. Untuk kolaborasi yang dilakukan oleh pihak Honda merupakan sebuah kelanjutan yang sebelumnya pernah melakukan perjanjian pengembangan dan juga komersial yang sudah ditandatangani pada tahun 2018 tepatnya di bulan Oktober.

Jadi dengan berdasarkan perjanjian tersebut kendaraan uji otonom dikirimkan ke Jepang, kemudian untuk pengembangan dan pengujiannya akan dilakukan tahun ini. Dengan melalui kerjasama tersebut dari pihak Honda mempunyai target untuk memasuki bisnis MaaS (Autonomous Vehicle Mobility Service) dengan mengandalkan modelnya yaitu Cruise Origin.

Adapun mobil otonom Honda tanpa dibekali dengan pedal, kaca spion dan juga setir. Meskipun tidak dibekali dengan beberapa komponen tersebut, mobil dapat mengemudi sendiri dengan 2 pintu pada bagian samping yang bisa terbuka yang dimulai dari bagian tengahnya. Kemudian untuk interiornya menggunakan kursi yang didesain menghadap ke dalam yang menjadikan interiornya tampak lebih luas karena ruang kakinya yang sangat lega.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil otonom hasil dari kolaborasi 3 perusahaan

Mobil otonom Honda dikembangkan oleh kolaborasi 3 perusahaan

>>> Lihat Juga, Bulan Februari 2021 Tilang Elektronik Akan Diberlakukan Di Jateng

Mobil otonom tersebut menggunakan AI yang berfungsi untuk memproses keputusan dan rangkaian sensor yang dibuat berlapis. Berkat hal tersebut maka dapat membuat mobil otonom tersebut dapat melihat saat kondisi malam hari dan ketika cuaca sedang tidak baik. Bisnis MaaS di Jepang yang menjadi operator adalah pihak Honda Mobility Solutions CO., Ltd., yang didirikan pada tahun 2020 bulan Februari.

“Misi Cruise adalah untuk menyediakan transportasi yang lebih aman, lebih bersih, dan lebih mudah diakses tidak terbatas di AS. Ini adalah perubahan besar yang dibutuhkan hampir di semua lokasi di dunia dan ini adalah langkah kecil namun simbolis bersama Honda dalam perjalanan global kami.” Dan Ammann selaku  CEO Cruise dilansir dari laman resmi Honda Indonesia.

Terkait kolaborasi dalam pengembangan mobil otonom Honda dari pihak Takahiro yang merupakan President and Representative Director, Honda Motor Co, Ltd menyebutkan, bahwasanya dengan kolaborasi yang dilakukan dengan pihak Cruise membuat nilai baru dalam hal kehidupan keseharian dapat diciptakan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil otonom hasil kolaburasi 3 perusahaan

Mobil otonom tersebut adalah Cruise Origin

“Kolaborasi dengan Cruise ini akan memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang kami perjuangkan melalui Visi Honda 2030 dalam melayani orang-orang di seluruh dunia dengan kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka. Melalui kolaborasi aktif dengan mitra yang memiliki minat dan aspirasi yang sama, Honda akan terus mempercepat realisasi bisnis MaaS kendaraan otonom kami di Jepang.” Ucap Takahiro.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

  • Harga Honda City Hatchback RS Resmi Diumumkan, Ada Juga Paket Menarik Yang Ditawarkan

    07/04/2021| Abdul

    Harga Honda City Hatchback RS Resmi Diumumkan, Ada Juga Paket Menarik Yang Ditawarkan

    Sebelumnya kita telah membahas mengenai kehadiran salah satu mobil Honda dengan desain sporty yakni Honda City Hatchback RS. Mobil ini akan mulai dilakukan pengiriman pada 18 April 2021 menuju dealer resmi Honda. Seperti yang telah diketahui, bahwa pihak Honda sebelumnya masih belum menyebutkan harganya. Nah kali ini akhirnya dari pihak PT Honda Prospect Motor Memberikan pengumuman terkait harga Honda City Hatchback RS di Indonesia secara resmi.

  • Wuling Almaz RS 2021  Hadir Dengan Teknologi Canggih, Harga Masih Belum Diungkapkan

    26/03/2021| Abdul

    Wuling Almaz RS 2021 Hadir Dengan Teknologi Canggih, Harga Masih Belum Diungkapkan

    Wuling Almaz RS 2021 dihadirkan pada tanggal 19 Maret 2021 yang dilakukan di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Jadi sebelum kehadirannya mobil ini sempat ramai di media sosial, apalagi mobil ini dapat berjalan sendiri layaknya kendaraan otonom. Hal tersebut berkat salah satu teknologi yang diberikan yakni WISE.

  • New Pajero Sport Dapat Dikendalikan Melalui Smartphone Dengan Fitur Mitsubishi Remote Control

    18/03/2021| Abdul

    New Pajero Sport Dapat Dikendalikan Melalui Smartphone Dengan Fitur Mitsubishi Remote Control

    Fitur Mitsubishi Remote Control diberikan pada Mitsubishi Pajero Sport sebagai salah satu penyegaran yang dilakukan. Jadi pihak Mitsubishi melakukan penyegaran pada Pajero Sport ke bagian eksterior dan interiornya. Bahkan fitur dan teknologi juga tidak luput dari perhatian.

International