Mazda Bakal Ungkap Model Terbaru SUV Listrik di TMS 2019

20/09/2019 | Fatchur Sag

Mazda Jepang tengah bersiap memperkenalkan mobil listrik terbarunya di ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show pada bulan Oktober 2019 mendatang. Seperti yang dilansir AutoNews, (16/9/2019) Yoshika Nagai selaku juru bicara Mazda mengungkapkan, saat acara pameran otomotif tersebut berlangsung sejumlah prototype mobil listrik akan tersedia dan siap untuk diuji coba.

Foto menunjukkan charging Mazda EV

Mazda segera luncurkan mobil listrik terbaru

Prototipe mobil listrik Mazda ini akan dikembangkan menggunakan bodi crossover kompak CX-30 yang dikombinasikan dengan arsitektur EV baru di bawahnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Meskipun demikian, Nagai juga menegaskan bahwa mobil listrik yang akan dipamerkan di TMS tersebut nantinya akan menjadi “model terbaru” dan bukan hanya Mazda CX-30 saja yang bakal menggunakan motor listrik. Hanya saja pihaknya belum mengungkapkan seperti apa bentuk kendaraan yang nantinya akan dipakai untuk produksi massal.

Prototipe mobil listrik Mazda di Tokyo Motor Show nantinya akan menggunakan mesin berpenggerak motor listrik tunggal yang akan dialiri dengan paket baterai berkekuatan 35,5 kWh. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut bisa mencapai 142 HP dan torsi 195 lb-ft (264 Nm). Kemungkinan besar dengan penerapan baterai yang kecil tersebut akan membuat mobil ini hanya bisa mencapai 161 – 241 kilometer, atau setara dengan Mini Cooper SE terbaru.

>>> Akhirnya Mobil Listrik Perdana Mazda Tertangkap Kamera Saat Uji Di Jalan

Foto mobil listrik Mazda tengah diuji coba

Prototipe mobil listrik Mazda diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Selain itu Auto News juga melaporkan bahwa Mazda EV baru ini nantinya akan dijual dengan dua model, yakni all-electric dan range-extender. Kedua model tersebut akan menargetkan pasar yang berbeda. Target pasar untuk all-electric seperti Jepang, Eropa, dan Cina sementara untuk model range-extender akan dijual di Amerika yang mana konsumen di negara tersebut mengharapkan jangkauannya bisa melebihi kendaraan listrik mereka. Bahkan tidak menutup kemungkinan mobil ini akan menjadi salah satu mobil yang memiliki fitur mesin rotary terbaru yang selama beberapa tahun terakhir ini telah dikembangkan oleh Mazda dan menjadi model range-extender.

Dikabarkan bahwa Mazda EV baru ini nantinya akan diproduksi secara massal dan mulai diluncurkan tahun depan. Artinya, mobil tersebut bukan merupakan proyek pengembangan yang dilakukan bersama dengan Toyota, Subaru dan Suzuki sebagai bagian dari konsorsium kendaraan listrik mereka.

>>> Review Mazda CX-3 2016: Mobil SUV Gaya Crossover Mengedepankan Fun to Drive

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik