Kehadiran Wuling Mulai Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas

02/11/2017| Mobilmo.com

Seperti yang diprediksi sebelumnya, bahwa kehadiran Wuling bakal mempengaruhi penjualan mobil bekas. Mengingat harga yang ditawarkan kepada konsumen bisa dikatakan sejajar dengan harga pasar mobil bekas mobil-mobil merek jepang. Dampak itu nampaknya mulai terasa sekarang. Semenjak Wuling mulai mengirimkan unit kepada konsumen, penjualan mobil bekas di pasaran mulai terasa kian melemah. Utamanya untuk mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) dan segmen MPV Avanza cs.

Herjanto Kosasih selaku Manager Senior WTC Mangga Dua menuturkan secara perlahan-lahan kedatangan model baru Wuling mulai terasa mengganggu. Bahkan untuk pasaran mobkas kelas MPV sejuta umat macam Xenia, Avanza dan Mobilio juga mulai menurun. "Sudah mulai dari pertengahan bulan (Oktober) terasa. Untuk segmen yang kena itu LCGC terutama model Calya dan Sigra, lalu Avanza dan teman-temannya di segmen itu," kata Herjanto kepada media, Senin (31/10/2017) lalu. Herjanto cukup memaklumi kondisi ini. Melemahnya penjualan MPV sejuta umat dan model LCGC akibat beredarnya Wuling Confero masih dianggap wajar. Selain harganya yang terbilang murah untuk kelas MPV, banyak orang menilai kalau kualitas produksi Wuling Confero juga tidak mengecewakan.

"Seperti waktu itu saya pernah bilang, kalau dari konsumen dan beberapa pedagang di sini (WTC), built material Wuling dianggap cukup baik ya. Logikanya juga cukup wajar kalau menggangu, karena dari harga yang kompetitif dengan Avanza bekas orang pasti cenderung pilih produk baru yang masih bergaransi pabrikan, wajar lah," tutur Herjanto. Anggapan serupa datang dari salah satu pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, Teddy. Dia juga mulai merasakan dampak penurunan akibat beredarnya Wuling Confero ke konsumen. Penjualan mobil bekas di tempatnya dirasa tidak seagresif sebelumnya, utamanya di segmen MPV.

Penyerahan simbolis produk Wuling ke konsumen di Jabodetabek

"Kalau dulu orang banyak cari untuk taksi online, sekarang mulai turun lagi. Konsumen cenderung menahan dan membanding-bandingkan dari beragam sisi, mulai harga, barang, sampai kualitas," jelas Teddy. Seperti diketahui Low MPV Wuling Confero yang diluncurkan PT. SAIG General Motor Wuling (SGMW) Indonesia atau Wuling Motor Indonesia di ajang GIIAS 2017 ini dijual dengan harga termurah Rp 128,8 juta rupiah dan termahal hanya Rp 162,9 juta OTR Jakarta.

International