Harga Toyota GR Supra Lebih Mahal Dari BMW Z4, Seperti Apakah Kehebatannya?

07/10/2019 | Fatchur Sag

Toyota GR Supra salah satu mobil sports car yang legendaris dan sempat mejeng di perhelatan akbar GIIAS 2019 lalu kini mulai dijual di Indonesia. Hal tersebut diketahui setelah Toyota Astra Motor merilis harga resminya beberapa hari lalu, yaitu Rp 1.995.000.000 OTR Jakarta. Toyota GR Supra terbaru menggunakan platform yang sama persis dengan BMW Z4 yang keduanya sama-sama dijual di pasar otomotif dalam negeri.

Foto Toyota GR Supra saat di pamerakan di GIIAS 2019

Toyota GR Supra resmi dijual di Indonesia

Toyota merencanakan mobil tersebut akan mulai disalurkan ke konsumen pada pertengahan bulan Oktober mendatang. Meskipun platform yang digunakan sama dengan BMW Z4 2.0 liter namun harga yang ditawarkan Toyota GR Supra lebih mahal mengingat kubikasi mesin yang dipakai berbeda. Di Indonesia BMW Z4 2.0 liter hanya dijual Rp. 1,459 miliar OFR.  

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

“Dengan ditetapkannya harga resmi GR Supra ini kami targetkan pengiriman unit kepada pelanggan pertengahan Oktober. Sehingga bagi beberapa pelanggan yang sudah menyatakan minatnya (pesan) dapat segera menikmati sports car legendaris ini di jalanan Indonesia,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Namun sayangnya kuota pemesanan untuk konsumen pasar otomotif Indonesia sangat terbatas mengingat di pasar global permintaan terhadap sports car legendaris Toyota GR Supra masih sangat tinggi. Untuk fase pertama Toyota hanya menyediakan empat unit saja padahal hingga akhir September lalu setidaknya ada 15 orang lebih yang memesan unit tersebut. Untuk itulah saat ini TAM tengah mengupayakan agar alokasi unit untuk pasar Indonesia ditambahkan lagi.

“Ia kami kenalkan pada Juli lalu. Sudah ada lebih dari 15 calon konsumen yang berminat. Kami berupaya menambah jumlah GR Supra di pasar Indonesia. Semoga tambahan unit di fase kedua dapat memenuhi minat para konsumen yang sudah ada sejauh ini. Setidaknya diusahakan pada akhir Desember 2019 atau paling lambat pada Januari 2020,” kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

>>>  Bungkus Kado Toyota Supra ini Cocok untuk Pecinta Otomotif

Foto menunjukkan Interior Toyota GR Supra

Toyota GR Supra untuk Indonesia menggunakan setir kanan

Harga yang ditawarkan cukuplah mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia, lalu seperti apa spesifikasi mesin yang digunakan Toyota GR Supra?

Untuk dapur pacunya Toyota GR Supra terbaru dibekali dengan mesin berkapasitas 3.0 liter turbo 6-silinder yang dikombinasikan dengan transmisi 8 speed Sport Automatic. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 Ps pada 5.000-6000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm.

Untuk menciptakan fun to drive bagi pengemudi gardan yang digunakan GR Supra sudah dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol dengan sistem elektronik. Dengan fitur tersebut membuat Toyota GR Supra mampu meluncur mulus di tikungan dan mudah dipacu di jalanan yang lurus.

>>> Jangan Heran! Toyota Kijang Super Masih Diminati Di Daerah, Ini Penyebabnya!

Foto menunjukkan Tuas transmisi Toyota GR Supra

Toyota GR Supra dibekali berbagai fitur canggih

Tiga elemen stabilitas kendaraan menjadi kunci kehebatan GR Supra. Yakni, jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread), dan juga pusat gravitasi (center og gravity). Para perancang mesin dan model memperkecil rasio wheelbase menjadi 2.470 mm serta pusat gravitasinya dibuat lebih rendah. Selain itu distribusi untuk bobot kendaraan juga dibuat seimbang dengan nilai 50:50 antara bagian depan dan belakang. Komposisi seperti itulah yang membuat GR Supra akan tetap stabil di berbagai kondisi lintasan yang dilaluinya terutama pada saat melewati tikungan.

Sebagai pelengkap kenyamanan dalam berkendara sports car legendaris tersebut juga dibekali dengan suspense berteknologi AVS (adaptive variable suspension). Teknologi tersebut secara otomatis mampu mengontrol respons kendaraan terhadap permukaan jalan yang dilaluinya. Selain itu dua mode berkendara “normal” dan “sport” juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

>>> Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik