Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

28/04/2019 Abdul Review Toyota

Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 - Awal mula mobil dalam kategori GT4 sangat menarik perhatian adalah saat kejuaraan GT4 European Series pada tahun 2006. Hal tersebut membuat banyak pabrikan dunia yang ikut membuatnya diperuntukkan bagi tim privat dan juga pembalap. Sejak kehadirannya dalam kelas ini sudah melombakan kendaraan dalam kelas tersebut dengan berbagai model dan telah dilakukan modifikasi yang tetap mengedepankan standar keselamatan FIA, badan balap dunia. Untuk saat ini beberapa mobil dalam segmen GT4 meliputi Porsche Cayman GT4 Clubsport MR, Mercedes-AMG GT4 dan BMW M4 GT4.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 tampak belakang dan samping kiri

Mobil ini digadang-gadang jadi penerus Toyota GT86

Akan tetapi untuk pabrikan Jepang belum banyak yang masuk dalam kelas ini. Hanya beberapa saja yang sudah ambil bagian seperti Toyota, Nissan dan Mazda yang menghadirkan GT86 GT4, 370Z GT4 dan Miata MX-5 GT4. Jadi beberapa pabrikan lebih fokus pada tingkat senior seperti Honda NSX GT3, Lexus RC F GT3 dan juga Nissan GTR GT3.

Dengan mengandalkan beberapa keunggulan yang dimiliki pada Supra terbarunya, dari pihak Toyota menghadirkan wujud awal dari GR Supra GT4 Concept. Bahkan digadang-gadang kehadiran mobil ini menjadi penerus dari GT86. Untuk lebih jelasnya mari kita simak reviewnya.

2. EKSTERIOR TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 tampak bagian depan

Tampak depan terlihat perpaduan 3 warna yang menarik

Pada bagian depan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 berpadu 3 warna yang terbilang utama yaitu putih, silver dan merah. Hal tersebut berpacu pada unit perdana yang diumumkan pada event Geneva Motor Show 2019. Pola yang dipakai untuk memadukan warna adalah belah ketupat asimetris dengan warna merah yang sangat dominan. Terlihat pula front skirt warna hitam, livery ala Toyota Gazoo Racing dan juga towing hook di sebelah kiri.

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 tampak bagian samping

Dari bagian samping mobil ini terlihat panjang

Jika melihat bagian samping dari Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 akan tampak modifikasi yang cukup banyak. Dengan mengandalkan pelek OZ five-hole 11 x 18 inci yang dipadukan dengan penggunaan ban Pirelli P Zero yang membuatnya tampak lebih menawan. Kedua produk ini memang sudah terpercaya karena kebanyakan pabrikan lain menggunakannya untuk dipasangkan pada mobil GT4 yang dimiliki. Jika dilihat dari kacanya sepertinya diganti dengan polikarbonat serta terdapat tambahan jendela ukuran kecil yang dapat digeser. Fungsinya adalah untuk akses keluar masuk tangan pembalap.

Sementara untuk sayap spoiler GR Supra GT4 mempunyai bentuk persegi panjang jika dilihat dari bagian samping tanpa adanya tambahan aero. Di bagian sampingnya ini lebih dominan warna putih dengan nomor pembalap yang ditempatkan di bagian pintu. Untuk nomor didesain bervariasi tergantung kejuaraan mana yang akan diikuti.

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Tampak belakang terlihat sporty

Di bagian belakang terlihat lebih sporty berkat kehadiran spoiler yang menggunakan bahan serat karbon. Di tengah 2 buah bentuk oval terdapat logo Toyota, untuk bentuk oval tersebut masih belum diketahui apa sebenarnya fungsinya. Sementara untuk bagian bumper tidak mengalami perubahan, kecuali bagian towing hook yang letaknya berada di bagian kanan. Apabila melihat lebih dekat maka akan terlihat knalpot yang lebih ramping bila dibandingkan dengan versi jalan raya. Di bagian belakang ini terdapat corak segitiga yang terlihat meruncing  dan juga terlihat warna khas TGR yang mayoritas silver dan juga hitam.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Pada bagian interior, fitur keselamatan tetap diutamakan. Hal tersebut terbilang sama seperti mobil balap dengan basis bermodelkan jalan raya. Dari pihak RSO mewajibkan pabrikan untuk memasangkan roll-cage  yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kestabilan kendaraan ketika dilakukan penggeberan.

Gambar ini menunjukkan interior Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Belum ada informasi detail di bagian interior

Pada saat masuk ke dalam mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 akan disuguhkan  2 rollbar yang mempunyai warna hitam dan putih serta jok balap dengan tulisan OMP. Untuk bahan material jok yang dipakai adalah serat karbon dengan adanya dudukan yang menggunakan alas kain. Untuk kemudi juga menggunakan OMP dengan 3 palang yang sudah dibekali dengan teknologi Hidrolik Eektrik. Selain itu bagian ini juga telah dibekali dengan rack dan pinion sesuai standar dari FIA. Tentunya penambahan beberapa fitur tersebut akan menunjang kenyamanan dan keamanan para pembalap.

Di bagian kanan pengemudi terdapat layar yang berfungsi untuk menampilkan kondisi dari mobil. Akan tetapi untuk head unit masih belum pasti karena produk lain tidak memberikan fitur ini pada GT4 miliknya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Gambar ini menunjukkan Kemudi mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Teknologi pada kemudi juga dibuat sesuai standar

Berhubungan dengan fitur keselamatan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019, terdapat alat pemadam kebakaran. Fungsinya adalah untuk pertolongan pertama pada saat balapan terdapat api yang menyala. Untuk tangki bahan bakar mengandalkan teknologi Fast Refueling System. Yang mana teknologi tersebut telah mempunyai sertifikasi dari FIA, kapasitas tangkinya diperkirakan sekitar 110 liter.

>>> Review Toyota Avanza Veloz 2019: Perubahan ‘Sang Raja’ Mengikuti Zaman

5. OPERASI TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Berlanjut menuju bagian performa, mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 hanya berkapasitas 2.998 cc. Mesin tersebut masih selevel dengan mobil BMW M4 GT4. Dalam Hal ini dikarenakan kompetitor lain telah mengandalkan mesin dengan kapasitas 3.800 cc seperti McLaren 570S GT4 dan Porsche Cayman GT4CS MR. Akan tetapi dengan adanya tambahan turbo diperkirakan dapat ikut melakukan persaingan dengan mobil lain di kelasnya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

Tenaga dan torsi mesin masih belum diketahui

Untuk soal tenaga dan torsinya masih belum ada informasi pastinya. Namun sistem operasi serta fitur yang diberikan telah memenuhi standar yang diberlakukan pada regulator balap dunia FIA sehingga dapat ikut berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan yang diadakan.

>>>  Ketahui Penyebab Karat dan Cara Mencegahnya

6. SPESIFIKASI TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

SPESIFIKASI BODI

Panjang

4.460mm

Lebar

1.855 mm

Tinggi

1.250 mm

Berat

-

Sayap Belakang

Serat karbon komposit

Tangki Bahan Bakar

Spek balap dengan fast refuelling system

Jok pembalap

OMP, standar FIA

Konstruksi

Baja dengan roll cage

Diffuser depan

Serat karbon komposit

SPESIFIKASI MESIN

Tipe

In-line six-cylinder, single twin-scroll turbocharger

Kapasitas

2,998 cc

Tenaga puncak

-

Torsi maksimal

-

Differential

Limited slip, spek balap

Driveshafts

Spek balap

Transmisi

Otomatis, rear-wheel drive

SPESIFIKASI KAKI-KAKI

Coil Spring, Shock Absorber, Anti-Roll Bar

Spek balap

Setir

Electro-hydraulic, rack dan pinion

Rem

Brembo racing

Pelek

OZ five-hole 11 x 18 inci

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multilink

>>> Lihat Juga,  Review New Toyota Avanza 1.5 G M/T 2019

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing, divisi balap dengan pengalaman di WEC dan WRC

Belum teruji di lintasan

Teknologi fast refuelling system cocok untuk tim yang ingin berlaga di balap ketahanan

Butuh upaya lebih untuk meyakinkan tim, mengingat GT86 GT4 pun kurang banyak dipakai

8. DAFTAR HARGA TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Berkaitan dengan hargan Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 belum ada informasi resminya. Jika melihat dari mobil GT4 lain, maka Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 diperkirakan akan dibanderol dengan harga sekitar EUR 150-200 ribu. Jika dirupiahkan angkanya mencapai Rp. 2,4 sampai 3 miliar. Pada umumnya masih ada pembelian opsi bodykit saja yang berada pada kisaran EUR 30.000 atau Rp. 480 juta terutama bagi sobat yang telah mempunyai versi komersial dengan harga $54,920 atau sekitar Rp. 772 jutaan. Angka tersebut belum termasuk biaya tambahan lainnya.

>>> Review New Toyota Avanza 1.3 G A/T 2019

9. VIDEO TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA GR SUPRA GT4 CONCEPT 2019

Toyota GR Supra GT4 Concept 2019 membuat kesan balap pada GR Supra jadi lebih mantap. Kehadiran mobil ini meskipun masih dalam Concept tapi menjadi salah satu langkah yang dilakukan pihak Toyota untuk melebarkan sayapnya di dunia customer racing yang memang dalam kelasnya banyak didominasi oleh produk buatan pabrikan Eropa. Untuk waktu penjualannya masih belum diketahui, karena masih menunggu test event serta feedback dari GMS untuk menarik konsumen. Kami mempunyai harapan bahwa Toyota GR Supra dapat dipasarkan di Indonesia. Dengan kedatangan mobil ini bisa menjadi salah satu senjata yang dimiliki oleh Toyota. Meskipun jika dilihat rasanya seperti mustahil dapat berkiprah di Tanah Air.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!