First Debut Mitsubishi Xpander Cross, Harga Tak Sampai Rp 300 Juta

13/11/2019| Fatchur Sag

Setelah bikin penasaran dalam beberapa waktu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya meluncurkan Xpander Cross di Jakarta, (12/11/2019). Semakin istimewa karena peluncuran di Indonesia adalah debut perdana Xpander Cross sebelum nanti diluncurkan juga di negara lain. Model ini bakal menjadi varian baru dari Xpander yang telah dipasarkan sebelumnya. Yang berbeda Mitsubishi Xpander Cross tak hanya bermain di segmen Low MPV tapi juga di segmen crossover.

“Model baru ini lebih mewarisi DNA Mitsubishi, lebih SUV dan lebih bercita rasa petualangan,” tutur CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Takao Kato, di Jakarta (12/11/2019).

Foto Mitsubishi Xpander Cross tampak dari samping depan

Tampilan Mitsubishi Xpander Cross lebih gagah dari Xpander lain

Sebagai crossover, Xpander Cross hadir dengan beragam perubahan untuk mendukung penampilan tanpa meninggalkan fungsinya sebagai mobil keluarga 7 penumpang yang nyaman. Dimensinya lebih panjang 25 mm, lebih lebar 50 mm dan lebih tinggi 55 mm dibanding Xpander biasa. Ukuran pagjangnya kini 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm.

Untuk desainnya bagian depan lebih macho dengan adanya grill dan bumper baru. Lalu untuk lampu-lampu di depan semuanya LED. Di bagian samping Mitsubishi Xpander Cross tampak gagah dengan adanya fender besar warna hitam doof yang terkoneksi dengan body kit dan bumper depan belakang juga berwarna hitam doff. Nuansa crossocer juga ditampakkan dari penggunaan ban berukuran 17 inci, ground clearance yang lebih tinggi 20 mm dari sebelumnya 205 mm menjadi 225 mm, serta ada roof rail dan shark fin antenna di bagian atas. Di belakang bagian bawah ada bodi kit warna silver dan kaca belakang ada defogger.

>>> Review Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Tampilan samping belakang Mitsubishi Xpander Cross

Dari berbagai sisi Mitsubishi Xpander Cross lebih menarik

Untuk interior Xpander Cross punya kemewahan baru berupa lapisan jok berbahan kulit warna hitam. Untuk yang lainnya tak jauh berbeda dengan interior Xpander Ultimate karena basisnya memang diambil dari varian tertinggi Xpander 'biasa' tersebut.

Bagian mesin juga demikian, masih menggunakan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander lain, yakni MIVEC DOHC 16-Valve berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga maksimum 104 Ps dan torsi maksimum 141 Nm.

Overall perubahan terbesar ada di sektor eksterior dan dimensi yang kini bernuansa SUV crossover. Namun, Mitsubishi enggan menyebutnya sebagai SUV sebab DNA Xpander bukan SUV. Seperti teaser yang dipublikasikan sebelumnya, Mitsubishi lebih suka menyebut Xpander Cross sebagai MPV crossover.

>>> Model Baru Mitsubishi di Indonesia, Bentuknya MPV Crossover

Mitsubishi sepertinya tak ingin kehilangan momen kesuksesan Xpander di segmen low MPV dengan menyasar segmen di atasnya. Dengan tampilan barunya Xpander Cross menyasar segmen low SUV yang kini masih kuat dihuni Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Xpander Cross bakal bersaing ketat dengan keduanya juga dengan Honda BR-V yang memiliki harga relatif sama.

Foto Interior Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross tetap mengutamakan kenyamanan

Untuk harga, seperti disinggung di atas tidak sampai menyentuh Rp 300 juta. Mitsubishi Xpander Cross dijual dengan harga termurah Rp 267.000.000 (Sport M/T), lalu Rp 277.700.00 (Sport A/T) dan yang tertinggi Rp 286.700.000 (Leather Seat Premium Package A/T). Seluruh harga on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk warna Xpander Cross tersedia lima pilihan warna, yaitu Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

International