Avanza Model Baru Bakal Meluncur 2018 ?

13/12/2017| Mobilmo.com

Ketatnya persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) makin hari makin terasa. Selain itu juga memunculkan berbagai prediksi yang kadang kebenarannya belum bisa dipastikan. Tapi, yang namanya prediksi tetap prediksi. Dia muncul karena satu alasan dan berbagai indikator. Yang lagi ramai contohnya, kemunculan Toyota Avanza model terbaru.

Kabar ini sedang hangat dibicarakan para awak media otomotif nasional serta para pemerhati industri otomotif dalam negeri. Kabarnya model baru mobil sejuta umat ini bakal meluncur tahun 2018 alias tidak lama lagi. Hal ini didasari dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah persaingan di segmen LMPV yang makin ketat. Terlebih dengan hadirnya dua pendatang baru milik kompetitor, Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander yang bikin semua mata terbelalak takjub. Belum lagi dengan Suzuki yang konon di tahun 2018 juga bakal menghadirkan Ertiga generasi baru. Pertanyaan yang timbul, apa benar Toyota mau meluncurkan Avanza model terbaru di tahun yang sama guna mengimbangi para lawan-lawannya.

Fransiscus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) saat ditanya mengenail hal ini belum bisa memberikan kejelasan panjang lebar. Dia hanya mengungkapkan kalau sirkulasi generasi baru mobil Toyota rata-rata dilakukan tiap tiga tahun. "Rata-rata setiap model seperti itu, termasuk Avanza," kata Soerjo di sela-sela acara Toyota Year End Journalist Gathering 2017 di Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2017) kemarin. Bila dihitung secara matematis dan menengok ke belakang, pembaruan terakhir Toyota Avanza dilakukan sekitar tahun 2015 bulan-bulan terakhir. Dengan beberapa perubahan hingga pada sektor jantung pacu, mobil sejuta umat ini menyandang status NEW alias Avanza model baru untuk saat itu. Kalau memang benar apa yang dikatakan Soerjo, yaitu tiap tiga tahun selalu ada pembaruan, besar kemungkinan Toyota Avanza bakal diupdate lagi tahun depan.

Sebagai tambahan informasi, hingga bulan ke 11 Toyota Avanza masih mendominasi penjualan mobil keluarga tujuh penumpang LMPV. Munculnya beberapa model baru di tahun 2017 ini juga belum mampu menggoyahkan posisi Toyota Avanza sebagai pemimpin pasar. Penjualannya masih bertahan di angka 10.000-an unit. ā€œAvanza belum turun, sekitar 10.000 unit, 1.3 G MT yang paling laku, karena lebih banyak rental dan fleet customer," tambah Soerjo.

International