Untuk Yang Belum Tahu, Ini Arti Singkatan Di STNK

07/02/2020 | Abdul

Saat membeli sebuah kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor, akan diberikan dokumen penting yang menjadi bukti kepemilikan yaitu BPKB. Selain itu ada yang namanya STNK yang menunjukkan informasi mengenai nomor kendaraan. STNK juga bisa menjadi bukti kepemilikan selama di jalan dan juga bukti pembayaran pajak tahunan. Namun terdapat singkatan di STNK yang kadang bikin penasaran.

Gambar ini menunjukkan BPKB dan STNK kendaraan

BPKB dan STNK merupakan dokumen penting kendaraan

>>> Baca Juga, Cara Mengurus STNK dan BPKB Rusak / Hilang Akibat Banjir

STNK dan BPKB merupakan dokumen yang sangat penting untuk menjadi kepemilikan kendaraan. Hanya saja kalau BPKB dapat ditinggal di rumah sedangkan STNK harus dibawa kemanapun kendaraan tu digunakan. Kalau istilah atau singkatan dalam STNK terdapat beberapa seperti PKB, BBN-KB, SWDKLLJ dan lainnya.

Berikut ini merupakan arti singkatan di STNK yang bisa menjadi informasi buat Sobat semua:

1. PKB

Adapun arti dari singkatan PKB adalah Pajak Pokok kendaraan bermotor. Untuk PKB sendiri merupakan pajak yang memang perlu dibayarkan oleh para wajib pajak. Soal besaran dari PKB umumnya adalah 15% x nilai jual kendaraan. Bahkan untuk setiap daerah juga mempunyai perbedaan tergantung dari kebijakan yang telah diberlakukan.

2. BBN-KB

Singkatan selanjutnya adalah BBN-KB, yang mana artinya adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Untuk istilah ini merupakan tarif atau biaya yang telah ditetapkan saat melakukan perubahan kepemilikan kendaraan. Jadi kendaraan berpindah tangan dari satu pemilik ke pemilik lainnya dan melakukan balik nama agar nama pemilik kendaraan berubah jadi pemilik yang baru.

3. SWDKLLJ

Pembahasan soal arti singkatan di STNK selanjutnya adalah SWDKLLJ. Yang mana kepanjangannya adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Pada saat melakukan pembayaran pajak pada kendaraan yang dimiliki maka secara otomatis pemilik menjadi terdaftar pada asuransi yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak Jasa Raharja.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan STNK dan singkatan pada STNK kendaraan

Ketahui singkatan pada STNK biar lebih tahu informasi

>>> STNK Tak Diperpanjang, Siap-siap Kendaraan Jadi Rongsokan

4. No. Urut, No. SKUM, dan No. Kohir

a. No. Urut

Pada bagian ini merupakan nomor urut dari kendaraan pada saat didaftarkan. Yang mana hal tersebut berhubungan dengan pendaftaran dan pembuatan STNK.

b. No. SKUM

SKUM sendiri kepanjangannya adalah SUrat Kuasa Untuk Menyetor, adapun 3 digit angka yang terdapat pada nomor SKUM yang terakhir digunakan sebagai penentu pajak progresif kendaraan.

c. No. Kohir

Untuk nomor ini adalah pendataan nomor pendaftaran pada kendaraan yang baru, yang mana hal tersebut dilakukan oleh pihak Polri dan Samsat. Untuk nomor kohir sendiri tidak hanya terdapat pada kendaraan, tapi juga penerapannya dilakukan pada pendaftaran asset lain. Adapun contohnya adalah tanah dan juga pajak.

5. Biaya ADM STNK

Sedangkan pada biaya Adm STNK merupakan biaya yang diberikan kepada pemilik kendaraan pada saat penggantian plat nomor atau pada saat melakukan balik nama kendaraan. Untuk tambahan informasi, adapun kendaraan yang baru tidak dikenai biaya administrasi STNK.

6. Biaya ADM TNKB

Akan tetapi berbeda lagi dengan biaya Adm TNKB, yang mana biayanya dibebankan kepada pemilik kendaraan pada kendaraan baru. Biaya tersebut merupakan biaya pembuatan plat nomor pada kendaraan. Adapun tarifnya tentu ada perbedaan tergantung dengan jenis kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan STNK kendaraan 2 lembar

Pajak kendaraan dilakukan setiap tahun dengan membawa STNK

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai arti singkatan di STNK. Semoga bermanafaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 16/01/2020 | Fatchur Sag

    Rupiah Membaik, Harga Mobil Bakal Murah?

    Membaiknya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS membawa harapan menurunnya harga barang-barang industri. Apakah tren ini bisa bikin harga mobil jadi murah?

  • 14/01/2020 | Abdul

    Ingin Membeli Mobil Bekas Banjir, Perhatikan 3 Kriteria Ini

    Mobil bekas banjir dijual dengan harga lebih murah, hal tersebut karena beberapa resiko di kemudian hari jika salah dalam melakukan pemilihan. Tapi Sobat bisa membeli mobil bekas banjir dengan memperhatikan beberapa hal yang akan kami sebutkan.

  • 11/01/2020 | Fatchur Sag

    Kasihan, Diler Mobil Bekas Tolak Mobil Bekas Banjir

    Persoalan baru muncul buat mobil bekas banjir. Selain membutuhkan biaya besar untuk perbaikan, pemilik juga harus menerima nasib ditolak oleh diler mobil bekas.