Rupiah Membaik, Harga Mobil Bakal Murah?

16/01/2020| Fatchur Sag

Sejak Desember 2019 lalu pergerakan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dollar AS cenderung membaik. Bahkan jika ditarik lebih ke belakang lagi Rupiah mulai menguat sejak Juni 2019. Kondisi ini memiliki dampak positif maupun negatif, namun lebih banyak yang positif. Salah satunya, penguatan rupiah bisa membuat barang impor lebih murah, termasuk bahan baku kendaraan bermotor. Dampak selanjutnya barang barang produksi yang dihasilkan dari bahan baku impor bisa dijual lebih murah.

>>> Berburu Mobil Murah Awal Tahun, Pilih Mobil Baru NIK Lama

Harga mobil bakal murah?

Foto penyerahan kunci mobil

Tidak perlu memaksakan diri membeli mobil baru jika budged kurang mencukupi

Jawabannya belum tentu. Tergantung seberapa lama tren ini bertahan. Jika hanya berlangsung beberapa bulan, pabrikan tidak akan menurunkan harga jual produksi. Tapi jika tren bertahan dalam waktu sangat lama, tidak menutup kemungkinan harga mobil juga turun.

"Kita harus lihat trennya apakah sustain (bertahan) atau tidak. Kalau sustain ini bisa untuk mempertahankan harga dari inflasi atau kenaikan cost,"tutur Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy seperti dikutip dari Detik, (14/1/2020).

Dikutip dari data perdagangan Reuters, pada Kamis (16/1/2020) pukul 14.38 WIB nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS ditutup di level Rp13.644. Banyak yang menilai sentimen positif ini didukung oleh optimisme pasar terhadap rencana kesepakatan dagang AS-China. Selain itu juga didukung meredanya konflik Iran-AS pasca terbunuhnya Jenderal Iran Qasem Soleimani dirudal pesawat tanpa awak AS.

>>> Tips Aman Membeli Mobil Dengan Cara Over Kredit

Foto Honda Civic Hatchback tampak dari depan belakang
Harga mobil baru di Indonesia tidak ada yang di bawah Rp 100 juta

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    14/12/2020| Abdul

    Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    Blokir STNK diperlukan untuk menghindari pajak progresif dan juga menghindari masalah di kemudian hari yang dialami oleh pemilik baru kendaraan yang sebelumnya kita miliki dan sudah dijual. Apalagi memiliki mobil 1 dan lebih dari satu dengan nama yang sama akan membuat pemilik perlu membayar pajak progresif.

  • Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    07/11/2020| Abdul

    Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    Sampai pada saat ini mobil Toyota Fortuner telah melewati beberapa generasi. Namun ada yang belum tahu mengenai fitur Toyota Fortuner generasi pertama. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

International