Mengetahui Jenis Dan Memilih Body Kit Mobil, Sesuaikan Dengan Kebutuhan

20/09/2019 | Abdul

Berkaitan dengan material bahan yang digunakan, dari pihak Yosef Bee selaku Punggawa H2O Bodyworks memberikan penjelasannya. Jadi terdapat 3 material bahan yang umum digunakan dalam pembuatan body kit yakni Fiberglass, Karbon dan Polyurethane atau yang sering disebut dengan plastik. Sobat bisa memilih body kit mobil sesuai keinginan, yang pasti setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Gambar ini menunjukkan mobil Honda City yang telah dilengkapi dengan Body kit full hitam

Mobil dengan body kit akan mempunyai tampilan yang lebih keren

>>> Baca Juga, Membeli Talang Air Untuk Mobil Jangan Sembarangan, Begini Tipsnya!

Dengan pemasangan body kit pada kendaraan bisa membuat tampilan mobil jadi meningkat. Oleh sebab itulah banyak penggemar otomotif yang melakukan modifikasi dengan menambahkan bagian ini saja. Namun bagi Sobat yang berniat memasangnya sebaiknya menyesuaikan dengan tujuan awalnya. Karena hal tersebut ada hubungannya dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan juga keselamatan selama di jalan.

Jika dana yang dimiliki ternyata terbatas, maka Sobat bisa membeli body kit dengan bahan material Fiberglass. Hanya saja dari segi keamanan tergolong kurang, hal tersebut dikarenakan bahan tersebut mudah mengalami kerusakan jika terkena tumbukan yang ringan. Sementara untuk bahan plastik mempunyai 2 pilihan yaitu  biasa dan juga ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Kalau segi kualitas memang hampir mirip dengan Fiberglass, hanya saja untuk kekuatan yang dimiliki lebih baik.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan body kit mobilk dengan bahan material karbon

3 jenis bahan body kit dengan kualitas dan harga berbeda

>>> Lihat juga, Tak Hanya Terlihat Mewah, Ini Fungsi Sunroof Pada Mobil

Jadi bagi pemilik mobil yang mengutamakan keselamatan maka bisa memilih body kit mobil jenis ABS. Namun dari segi harga cukup mahal, jadi apabila masih kurang bisa menabung terlebih dahulu.

"Apabila budget memadai dan fungsinya adalah untuk daily use, pilihan pertama ada di plastik ABS. Pemakaian mobil harian rentan dengan yang namanya kecelakaan baik itu ringan atau berat dibutuhkan material yang baik. Plastik ABS ini mempunyai karakter fleksibel. Sehingga apabila tertabrak atau menabrak dalam kekuatan yang tidak terlalu kuat masih bertahan," jelas Yosef.

Adapun yang menjadi salah satu kelebihan dari plastik ABS adalah kekuatan yang dimiliki ternyata lebih baik dari karbon, hal tersebut diungkapkan oleh Yosef Bee. Bahan material karbon digunakan untuk membuat bobot kendaraan jadi berkurang. Jadi saat bobot berkurang tentunya akan memiliki pengaruh terhadap performa yang dimiliki oleh sebuah kendaraan. Oleh sebab itulah mengapa harga body kit carbon dibanderol lebih mahal dibandingkan yang lainnya.

"Apabila berbicara mengenai kekuatan, plastik ABS masih yg terbaik.Karbon dipakai di otomotif bukan untuk kekuatan, tapi lebih ke weight reducer. Namun, tak sedikit juga karbon digunakan untuk kebutuhan fashion look sehingga terlihat kesan balap," jelas Yosef.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan 2 buah body kit yang dapat dipasangkan pada mobil

Model body kit dapat dapat dipilih sesuai selera

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, tentunya Sobat sudah bisa sedikit informasi tambahan untuk memilih body kit mobil yang tepat sesuai kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 15/05/2020 | Abdul

    Harga Mobil Bekas Turun Saat Covid-19, Tapi Ada Yang Stabil Cenderung Naik

    Pandemi virus corona membuat hampir semua mobil bekas mengalami penurunan secara drastis. Meskipun begitu, namun ada juga harga mobil bekas yang masih stabil bahkan bisa mengalami kenaikan.

  • 10/03/2020 | Fatchur Sag

    Mau Beli Mobil, Kenali Perbedaan DP dan TDP

    Demi membuat Anda tertarik seringkali sales menawarkan kredit mobil baru dengan uang muka atau DP rendah. Biar tidak bingung, yuk kenali perbedaan DP dan TDP.

  • 01/03/2020 | Abdul

    Resiko Over Kredit Diam-Diam, Jangan Sampai Melakukannya Ya

    Jual beli kendaraan kerap dilakukan satu sama lain untuk mengganti kendaraan dengan yang baru atau baru mempunyai sebuah mobil. Dalam hal jual beli ada istilah over kredit, yang mana asalnya pembeli menggunakan sistem kredit saat membeli kendaraan. Terdapat resiko over kredit jika melakukannya secara diam-diam.