Membeli Talang Air Untuk Mobil Jangan Sembarangan, Begini Tipsnya!

10/08/2019 Abdul Jual beli mobil

Salah satu aksesoris yang terdapat pada mobil adalah talang air. Adapun fungsinya adalah sebagai penangkal air hujan yang akan masuk ke dalam mobil saat membuka kaca. Pada umumnya dalam membuka kaca dilakukan ketika ingin mengambil tiket, membayar tol dan hal lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah saat membeli talang air untuk mobil diharapkan memperhatikan beberapa hal.

Tujuan dari pemilihan saat membeli talang air untuk mobil adalah agar tidak kecewa setelah di kemudian hari dan mendapatkan yang terbaik. Tentunya saat hujan turun dan ingin ambil kertas parkir tidak ingin air masuk ke dalam kabin bukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian.

1. Kualitas Bahan Yang Digunakan

Gambar ini menunjukkan talang air pada mobil pick up double cabin

Talang air merupakan salah satu aksesoris penting pada mobil

Salah satu hal yang menjadi penentu apakah nantinya talang air akan awet atau tidak adalah bahannya. Jika bahan yang digunakan bagus tentunya umurnya lebih panjang dan dapat melakukan fungsinya dengan lebih maksimal. Adapun bahan yang tergolong baik adalah yang ketebalannya sedikit lebih supaya tidak mudah pipih saat terkena angin ataupun pecah. Sobat bisa mencari talang air yang bahannya agak elastis namun sedikit tebal, karena dikhawatirkan saat membeli dengan bahan kaku beresiko pecah atau retak.

>>> Baca Juga, Ingat! Jangan Asal Dalam Memilih Aksesori Mobil

2. Memperhatikan Warnanya

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang talang air dan terdapat beberapa di belakangnya

Memilih talang air tidak boleh sembarangan

Membeli talang air untuk mobil juga perlu memperhatikan warnanya. Memang setiap orang mempunyai selera masing-masing, ada yang suka silver atau hitam pekat. Namun tahukah sobat, faktor cuaca juga bisa berpengaruh sehingga menyebabkan warna asli dari talang air yang dibeli terpengaruh. Sebagai contoh warna hitam pekat yang lama kelamaan akan pudar, kalau pudarnya rata tidak masalah tapi kalau hanya sebagian membuat tampilan kurang menarik. Jadi sebelum berniat melakukan pembelian talang air sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu. Carilah yang benar-benar tahan dengan segala cuaca agar warna yang dimiliki tidak pudar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Komponen Pelengkap Juga Berkualitas

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang talang air

Pilihlah talang air dan perekatnya yang berkualitas bagus

Proses pemasangan talang air membutuhkan komponen pelengkap yang berupa lem perekat. Yang mana pada umumnya telah diberikan double tape pada aksesoris tersebut. Dalam hal ini pertimbangkanlah memakai double tape yang berkualitas, jadi benar-benar lengket supaya tahan dengan segala kondisi seperti cuaca ekstrim ataupun angin saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Pada umumnya untuk bagian depan akan menahan angin yang lebih kuat sehingga dapat mudah terlepas jika perekat talang airnya tidak mempunyai kualitas yang bagus.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Memperhatikan Ukuran

Gambar ini menunjukkan 4 buah talang air dengan ukuran berbeda

Setiap jenis kendaraan mempunyai ukuran talang air sendiri-sendiri

Pada saat membeli talang air bentuknya pasti kayak gitu-gitu saja. Memang hal tersebut bertujuan supaya dapat melakukan fungsinya dengan baik. Namun meskipun modelnya begitu ternyata masih terbagi menjadi beberapa yakni jumbo, semi jumbo dan ultra slim. Dalam pemilihan diharapkan disesuaikan dengan jenis mobil yang dimiliki. Seperti mobil sedan yang harus sesuai ukurannya, apabila dipasang model jumbo maka tidak akan tepat. Karena untuk model jumbo diperuntukkan pada kendaraan segmen SUV.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips membeli talang air untuk mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca