Ingat! Pemilik Mobil Baru Harus Tahu Tips Dasar Ini

31/08/2018 Abdul Kosim Jual beli mobil

Membeli Mobil adalah sesuatu yang kadang dinantikan, sehingga setelah dapat membawanya ke rumah rasa gembira menghinggapinya. Hal tersebut boleh saja, yang terpenting adalah memperhatikan segala sesuatunya. Apalagi bagi pemilik Mobil baru, tentunya harus mengetahui masalah tentang pengecekan Mobil dan juga hal lainnya.

Sebagai pemilik Mobil baru memang terbilang masih awam. Meskipun kadang terdapat beberapa orang yang telah mengetahui apa yang harus dilakukan setelah membeli kendaraan.

Berikut ini merupakan beberapa tips dasar untuk pemilik Mobil baru yang perlu diketahui.

1. Garansi

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegang bagian bodi pada Mobil

Masa garansi Mobil ditetapkan oleh pihak produsen kendaraan

Garansi Mobil adalah sesuatu yang penting untuk kendaraan. Jadi terdapat beberapa bagian yang termasuk dalam garansi dan ada juga yang tidak. Seperti misalnya garansi mesin 3 tahun atau setelah menempuh jarak 100.000 km, tinggal mana yang dicapai duluan. Kadang ada juga perbedaan seperti aki Mobil yang biasanya hanya memiliki garansi 2 tahun. Jadi ketika aki mengalami kerusakan sebelum mencapai usia 2 tahun maka dalam diservis atau diganti di bengkel resmi tanpa biaya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips jual beli di Mobilmo.com

2. Asuransi

Gambar ini menunjukkan sekeluarga sedang berdiri di depan Mobil dengan kap terbuka

Asuransi kendaraan memberikan kemudahan pada konsumennya saat mengalami masalah

Bagi pemilik Mobil baru juga harus mengetahui masalah asuransi kendaraan. Tujuannya adalah saat terjadi masalah atau kerusakan di jalan maka dapat tidak perlu membayar penuh untuk perbaikan. Sebagian atau bahkan semuanya akan dibayarkan oleh pihak perusahaan, tergantung dari asuransi yang dipilih. Jadi alangkah baiknya mengasuransikan kendaraan Anda di perusahaan yang ternama dan terpercaya.

>>> Baca juga, Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Rate Asuransi

3. Servis berkala

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil sednag diangkat dan dilakukan perawatan

Lakukan perawatan secara berkala agar performanya tetap terjaga

Mempunyai Mobil baru jangan sampai melupakan perawatan yang harus dilakukan. Biasanya terdapat servis gratis dari pihak diler untuk beberapa kali. Pada umumnya servis dilakukan setelah 1000 km pertama pemakaian. Gunanya adalah melakukan pemeriksaan pada bagian komponen apakan berjalan dengan semestinya atau tidak. Setelah itu servis dilakukan setelah 10.000 dan kelipatannya.

Meskipun sudah tidak dalam masa servis gratis atau diskon, pemilik harus tetap melakukan servis secara berkala. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisinya tetap prima dan tidak terjadi masalah saat digunakan dalam perjalanan. Selain itu saat ada masalah kecil dapat segera diatasi sebelum berubah menjadi besar.

>>> Mencari mobil baru? Silakan klik di sini untuk bacaa review mobil terlengkap hanya di Mobilmo​

4. Mengganti oli mesin

Gambar ini menunjukkan cairan oli dimasukkan ke tangki oli pada mesin Mobil

Oli melumasi komponen mesin Mobil dan menjaganya tetap awet

Oli merupakan salah satu cairan pada mesin Mobil yang perlu dilakukan pergantian secara berkala. Fungsinya adalah untuk melumasi tiap komponen supaya tidak terjadi gesekan secara langsung. Dalam melakukan pergantian sebaiknya memilih yang berkualitas atau bisa mengikuti rekomendasi dari pihak pabrikan. Apabila ingin melakukan pergantian  pada jenis oli yang digunakan sebaiknya juga mengganti filter olinya.

>>> Mungkin tertarik, Waspada, Jangan Sampai Salah Memakai Oli Mesin Mobil

5. Bahan Bakar Mobil

Gambar ini menunjukkan Sebuah tangan sedang memegang alat pengisi bahan bakar warna biru

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan kendaraan dapat merusak komponen mesin

Bahan bakar pada Mobil juga terbilang cukup penting untuk diketahui oleh pemilik Mobil baru. Maksud dari hal ini adalah yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan, seperti pertamax atau pertalite. Dengan mengikuti saran dari pihak produsen tentu dapat membuat Mobil memiliki performa yang baik dan komponen permesinan pada kendaraan juga akan lebih awet. Selain itu jangan sampai keliru, misalkan Mobil dengan bahan bakar bensin diisi solar, begitu juga sebaliknya. Jika dilakukan dapat membuat kerusakan pada kendaraan dan bisa saja sampai harus mengeluarkan biaya mahal untuk perbaikan.

6. Tekanan angin pada ban Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat pengukur tekanan angin ban Mobil

Tekanan angin pada ban yang ideal membuat Mobil lebih nyaman dan stabil

Ini juga cukup penting untuk pemilik Mobil baru, yakni tekanan angin pada ban Mobil. Yang mana memperhatikan tekanan angin pada ban kendaraan sangat diperlukan, karena dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Pada umumnya tekanan ban standar yang dianjurkan adalah antara 30 sampai 34 Psi. Akan tetapi untuk lebih yakinnya bisa melihat di buku manual kendaraan, berapa ukuran yang ideal.

Masih berbicara soal angin pada ban Mobil, kali ini sudah terdapat nitrogen yang diklaim lebih nyaman dan juga suhunya stabil ketika dalam kondisi panas. Untuk melakukan pergantian tekanan angin dengan nitrogen biasanya membutuhkan biaya 10 ribu sampai 20 ribu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Jangan Panik! Begini Solusi Kredit Mobil Baru Yang Macet
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Jangan Panik! Begini Solusi Kredit Mobil Baru Yang Macet

    20/09/2018

    Sistem kredit bisa jadi sudah merakyat bagi masyarakat di Indonesia. Tidak hanya untuk kalangan atas saja, bahkan kalangan bawah juga sudah mengetahui masalah ini. Hal tersebut dikarenakan banyak barang yang dijual dengan sistem kredit seperti peralatan rumah tangga, barang-barang elektronik dan kendaraan. Untuk Mobil sendiri sudah banyak yang memilih menggunakan sistem kredit dalam pembeliannya. Namun untuk kredit Mobil baru yang macet, terdapat solusi untuk mengatasinya.

  • Tips Memilih Kabel Audio Mobil, Beberapa Faktor Perlu Diperhatikan!
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Tips Memilih Kabel Audio Mobil, Beberapa Faktor Perlu Diperhatikan!

    16/09/2018

    Memasang sistem audio tambahan pada kendaraan memang bisa menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dan mendengarkan musik dengan lebih mantab. Saat melakukannya diharapkan hati-hati dalam memilih kabel audio Mobil. Pasalnya kualitas kabel juga dapat berpengaruh dengan suara yang dihasilkan.

  • Mengetahui Tipe Cowok Berdasarkan Kondisi Mobil, Apakah Sobat Termasuk Salah satunya?
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Mengetahui Tipe Cowok Berdasarkan Kondisi Mobil, Apakah Sobat Termasuk Salah satunya?

    15/09/2018

    Kebanyakan orang menganggap Mobil sebagai rumah kedua, hal tersebut tidak terlepas dari aktivitas keseharian yang membutuhkan Mobil. Melihat hal tersebut maka dapat dilihat karakter dan tipe cowok berdasarkan kondisi Mobil.