Hati-Hati Saat Memilih Spare part Mobil, Waspada Suku Cadang Palsu!

10/02/2019 Abdul Jual beli mobil

Salah satu bagian pada mobil yang terbilang sangat penting adalah suku cadang. Bahkan jika suku cadang sulit didapatkan pada suatu jenis mobil dapat membuat harga bekasnya turun drastis. Apalagi untuk kendaraan niaga yang sering digunakan, tentunya beberapa bagian butuh penggantian. Saat memilih spare part mobil biasanya akan dihadapkan dengan banyak pilihan.

Memilih spare part mobil tidak boleh sembarangan. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali spare part model sama tapi merek berbeda. Ditambah lagi ada juga barang imitasi yang mempunyai umur pemakaian yang pendek meskipun harganya lebih murah. Biasanya pembeli dibuat bingung akan hal tersebut.

Mungkin bagi yang telah bergelut di dunia otomotif sejak lama hal tersebut bukan masalah, karena telah tahu mana yang memiliki kualitas baik dan mana yang tidak. Namun bagi orang awam hal tersebut bisa membuat bingung. Apalagi ada pula pedagang yang kurang bertanggung jawab dengan menjual sparepart dengan kualitas yang tidak baik.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih sparepart mobil untuk meminimalisir mendapatkan barang palsu atau berkualitas tidak baik.

1. Membeli Di Tempat Yang Resmi

Gambar ini menunjukkan toko aksesoris mobil dengan berbagai komponen

Barang yang asli harganya lebih mahal namun kualitasnya sangat baik

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa diler resmi akan menjual barang-barang asli dan original. Akan tetapi dari segi harga terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan barang imitasi. Namun dari segi kualitas tidak diragukan lagi karena memang telah teruji dengan beberapa pengujian.

>>> Mahalnya, Biaya Ganti Oli Bugatti Bisa Untuk Beli Mobil Baru!

Namun tidak ada salahnya sebelum penggantian sparepart melakukan pengecekan terlebih dahulu. Lihat dan cermati dan jika ada kendala bisa mengajukan keluhan untuk lebih meyakinkan diri sendiri.

2. Membeli Sparepart Sesuai Dengan Kebutuhan

Sparepart mobil mempunyai harga yang cukup mahal. Jadi jika ingin melakukan penggantian sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu biaya pengeluaran dapat ditekan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun berbeda apabila membeli sparepart secara sekaligus, maka biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal.

3. Mengetahui Ciri Dari Sparepart Yang Original

Dalam memilih spare part mobil yang original perlu ketelitian yang lebih. Sebagai contoh pada audio mobil, yang perlu diperhatikan adalah bagian kemasannya. Jadi umumnya kemasan asli mempunyai stiker hologram. Kalau sparepart yang palsu biasanya tidak akan diberikan stiker hologram ini. Selain itu, dari segi barang biasanya suku cadang yang palsu akan terlihat kasar. Jika yang asli tentunya permukaannya akan mulus dan dengan bahan yang berkualitas.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Gambar ini menunjukkan banyak orang sedang antri membeli spare part mobil

Membeli suku cadang di kota kecil biasanya harganya lebih murah

4. Membeli Suku Cadang Di Kota Kecil

Apabila menginginkan sparepart yang mempunyai harga lebih terjangkau bisa mencarinya di kota kecil. Umumnya suku cadang di kota kecil mempunyai harga lebih rendah dibandingkan di kota besar. Sobat bisa menggunakan cara ini jika menginginkan biaya pengeluaran yang lebih rendah.

>>> Baca Juga, Alasan Suku Cadang, Mobil Ini Alami Depresiasi Harga Cukup Besar

5. Mencari Sparepart Yang Bergaransi

Memang terlihat biasa saja, akan tetapi adanya garansi bisa menjadi faktor penting untuk menjamin kualitas yang dimiliki. Jadi kalau bisa memilih sparepart yang menawarkan garansi resmi. Kalau bisa jika sparepart bermasalah terdapat penggantian produk yang dibeli dalam masa periode yang ditentukan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil tampak belakang di tempat perbaikan mobil

Spare part dengan garansi tentunya kualitasnya telah teruji

Bahkan adanya garansi ini juga bisa menghindari sparepart palsu yang banyak dijual di pasaran. Dalam melakukan penggantian, jika tidak bisa melakukannya sendiri disarankan untuk membawanya ke bengkel yang terpercaya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih spare part mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca