Mahalnya, Biaya Ganti Oli Bugatti Bisa Untuk Beli Mobil Baru!

24/09/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Bayangkan saja, dengan harga yang mahal, berapa biaya ganti oli Bugatti yang dibutuhkan? Siap-siap untuk terkejut. Biaya servis Bugatti yang mahal, uang yang dibutuhkan untuk ganti oli saja bisa membeli mobil baru.

Untuk masalah harga beli, Bugatti yang saat ini datang dengan tiga model – Veyron, Chiron, dan Divo – dijual seharga Rp 24 hingga 50 miliar sedangkan harga Divo bisa menyentuh Rp 90 miliar. Dengan harga sebesar itu, tak salah jika biaya ganti oli Bugatti bahkan setara dengan harga mobil baru lainnya.

Gambar yang menunjukan mobil baru Bugatti Veyron melaju di jalan

Tak hanya harga beli, biaya ganti oli Bugatti Veyron juga menguras dompet (Foto: Bugatti)

Seperti yang dijelaskan oleh CNBC, biaya servis rutin Bugatti cukup menguras dompet. Untuk Veyron, model paling murah seharga Rp 25 miliaran, biaya penggantian oli berkisar antara $ 20.000 hingga $ 25.000, sebagaimana dijelaskan Royalti Exotic Cars. Atau jika dikonversikan menjadi Rp. 300 jutaan hingga Rp Rp 375 jutaan, harga yang cukup untuk membeli Kijang Innova keluaran terbaru.

Royalti Exotic Cars, spesialis mobil mewah dan perusahaan rental yang berbasis di Las Vegas, mengunggah video yang menunjukan perubahan harga ganti oli untuk Bugatti Veyron. "Layanan Bugatti sangat mahal karena eksklusivitas produk," kata CEO Houston Crosta kepada CNBC Make It. "Hanya sedikit individu yang memiliki Bugatti dan pemiliknya cenderung memiliki satu atau lebih Bugatti."

>>> 10 Mobil yang Paling Sering Dicuri di Amerika, Honda ‘Berjaya’

Gambar yang menunjukan Bugatti Divo yang melaju di jalan

Selain Veyron, Divo merupakan model pasaran paling mahal dari Bugatti (Foto: Bugatti)

>>> Berita unik pasar mobil baru di dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Memiliki Bugatti harus dibayar mahal (yap, mahal!) dengan harga tinggi di luar penggantian oli. "[Biaya] ban saja saat ini sekitar $ 38.000 (sekitar Rp 600 jutaan)," kata Costa. "Sungguh biaya komponen yang sangat mahal, setara dengan biaya mobilnya."

Veyron menggunakan sistem oiling dry-sump dengan 16 sumbatan penguras yang berbeda dan bisa diakses setelah membuka bagian bawah bodi yang rumit. Proses pengerjaannya saja membutuhkan waktu berjam-jam. Teknisi perlu membuka gril, fender belakang termasuk rem belakang, serta rem depan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Penggantian oli Bugatti dianjurkan setahun sekali, tergantung apakah mobil sering digunakan atau tidak, jelas Costa. Penggantian oli dilakukan untuk memastikan kendaraan berjalan pada output dan efisiensi tinggi. Layanan penggantian oli termasuk penggantian cairan lain dan pemeliharaan umum lainnya.

Gambar yang menunjukan teknisi yang sedang mengganti oli Bugatti Veyron

Ganti oli membutuhkan pengerjaan yang rumit dan lama (Foto: Motor Authority)

Memiliki mobil mahal, seperti Bugatti, tidak hanya membutuhkan biaya yang tinggi pada saat membeli. Banyak biaya yang dikeluarkan, seperti biaya servis dan ganti oli yang tak kalah mahalnya. Tak lupa pajak tinggi yang harus dikeluarkan setiap tahun untuk negara. Jangan hanya tahu memilikinya saja, guys!

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca