Beli Kendaraan Harga Off The Road, Belum Tentu Lebih Menguntungkan

27/02/2020| Fatchur Sag

Ada dua jenis harga kendaraan bermotor yang dijual diler, On The Road dan Off The Road. Sama-sama bisa disingkat OTR, tapi istilah itu lebih populer untuk harga On The Road. Perbedaan paling terlihat ada pada nominal harga itu sendiri. Harga On The Road lebih besar dibanding harga Off The Road sehingga nampak harga Off The Road jauh lebih murah dan menarik.

Lantas, benarkah membeli kendaraan dengan harga Off The Road lebih menguntungkan?

Foto menunjukkan seorang sales memberikan penjelasan soal mobil kepada kustomer

Penting mendapatkan informasi detail harga sebelum memutuskan transaksi

Belum tentu. Harga Off The Road adalah harga asli saat kendaraan keluar dari pabrik. Dalam kondisi ini kendaraan bermotor benar-benar sudah bisa dikendarai. Hanya kendaraan masih ilegal dipakai di jalanan karena belum memiliki dokumen. Kendaraan belum dipajaki dan belum diregistrasi sehingga tidak memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Lain dengan harga On The Road dimana harga kendaraan sudah meliputi seluruh dokumen legalitas di atas. Adanya selisih harga yang cukup besar adalah untuk pengurusan, administrasi dan juga jasa yang dilakukan oleh pihak diler, termasuk juga pajak. Jadi, pembeli tinggal duduk manis di rumah dan menunggu beberapa hari sampai surat-surat kendaraan terbit, pemilik akan dikabari. Di masa ini, pemilik akan diberikan Surat Izin Jalan atau yang sejenisnya agar kendaraan bisa dipakai di jalanan untuk jarak atau wilayah yang terbatas.

>>> STNK Tak Diperpanjang, Siap-siap Kendaraan Jadi Rongsokan

Foto Dokumen Kendaraan Bermotor, STNK, BPKB, dan TNKB

Dengan harga OTR, pembeli tidak perlu mengurus sendiri dokumen kendaraan

Jika pembeli memutuskan memilih harga Off The Road, berarti segala pengurusan dokuman kendaraan di Samsat, Dispenda, dan Polri harus dilakukan sendiri, termasuk biaya administrasi harus dikeluarkan sendiri. Sudah tentu untuk semua itu pembeli perlu meluangkan waktu yang mungkin tidak akan cukup dalam satu hari.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Nyoman Yogi menuturkan, sebenarnya tidak terlalu berbeda membeli mobil dengan harga On The Road maupun Off The Road karena ketemunya sama.

"Kalau membeli dengan harga OTR, semua pengurusan surat dilimpahkan ke biro jasa melalui diler. Tentu, ada tambahan biaya administrasi yang harus dibayarkan untuk itu. Namun kalau off the road, pemilik mengurus dokumen itu sendiri dari awal," tutur AKBP Yogi seperti dikutip dari Kompas.com, (24/2/2020).

"Bila melihat waktu yang dibutuhkan untuk mengurus dokumen jalan sendiri dengan perbedaan harga antara Off The Road dan OTR (dikenakan biaya administrasi biro jasa), saya rasa tidak ada bedanya, sebanding," lanjutnya.

>>> Tips Aman Membeli Mobil Dengan Cara Over Kredit

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    23/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    Mobil bekas menjadi primadona bagi sebagian orang karena harganya lebih terjangkau. Apalagi bagi seseorang yang membutuhkan sebuah mobil untuk bisa menjalankan aktivitas keseharian atau dalam pekerjaannya. Namun membeli mobil bekas perlu lebih teliti dalam pemilihan, salah satunya dalam membedakan cat mobil asli dan cat ulang.

  • Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    17/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    Dalam pajak terdapat salah satu hal yang perlu diketahui yakni pajak progresif. Dimana untuk pajak tersebut merupakan tarif pungutan wajib yang didasari dengan jumlah dari objek pajak dan juga nilai atau harganya. Jadi nominalnya akan semakin naik bila kuantitas objek pajak semakin banyak. Lantas bagaimana cara mengetahui mobil terkena pajak progresif?

  • Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    08/02/2021| Abdul

    Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    Mobil kerap berevolusi sehingga membuatnya tampil lebih keren dan juga modern. Bahkan sebelumnya dianggap jadul saat ini bisa memiliki tampilan yang dapat menarik perhatian banyak orang. Dalam pembahasan kali ini terkait evolusi Honda Odyssey dari masa ke masa. Umurnya telah mencapai lebih 25 tahun dan sudah mencapai 5 generasi.

International