IMX 2018: Pertama di Dunia, 'Muscle' Xenia Bermesin V8 dari Om Mobi

19/11/2018| Padli Nurdin

Salah satu hal yang menarik ketika mengunjungi IMX 2018 memang tampilan sangar dari Daihatsu Xenia bermesin V8. Bagaimana tidak, low MPV yang biasanya menggunakan mesin standar untuk mengangkut anak ke sekolah ini mendapatkan mesin V8 4.000 cc yang membuat raungannya menggelegar.

Gambar Daihatsu Xenia V8 berwarna hitam

Om Mobil bersama Xenia V8, modifikasi barunya bersama Daihatsu

Adalah YouTuber terkenal Om Mobi dari akun YouTube Motomobi bekerja sama dengan Daihatsu mengerjakan proyek ini lebih dari sebulan. Bahkan, dalam akun YouTube Daihatsu sendiri telah mengunggah bagaimana low MPV kebanggaan Daihatsu ini mendapatkan modifikasi yang bisa membuat pecinta mobil mengernyitkan dahi.

>>> NMAA Siap Hadirkan Gelaran Modifikasi Indonesia Terbesar Melalui IMX 2018

Tetapi memang modifikasi dilakukan untuk membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hal inilah yang dijelaskan oleh Om Mobi dalam workshop pada hari pertama IMX 2018. “Kalau secara konsep, kami ingin membuat itu [Xenia V8] simpel. Muscle LMPV.”

Gambar mesin Xenia V8

Mesin V8 Four Cam 32 yang disesakkan ke dalam Daihatsu Xenia

Muscle car sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk mobil-mobil dengan performa tinggi, terkhusus untuk mobil sangar dari Negara Paman Sam. Memang, Xenia ini mendapatkan modifikasi bagian dapur yang unik. Tetapi bukan asal modifikasi, ternyata ada pesan yang ingin disampaikan Om Mobi dalam pemberian tenaga besar untuk mobil harian tersebut.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

“Pesan yang ingin disampaikan itu bahwa kami menjadikan modifikasi itu start pertamanya under the hood,” jelasnya. “Kalau konsep kami itu, kami tidak pernah membuat yang namanya mobil [untuk] kontes modifikasi. Yang kami buat adalah mobil yang bisa dipakai sehari-hari.”

Lebih lanjut Om Mobi menjelaskan bagaimana Xenia V8 tersebut masih harus mendapatkan berbagai tahapan modifikasi untuk membuat mobil bisa mendapatkan pengendaraan yang lebih nyaman. Pasalnya perubahan pada mesin membutuhkan penyesuaian komponen lain untuk bisa mengimbangi tenaga besar yang dikeluarkan.

>>> Informasi event otomotif terbaik lainnya ada di sini

Video pengerjaan modifikasi Xenia V8 dari Om Mobi dan Daihatsu

Untuk modifikasi, memang yang diperlukan adalah kenyaman dan tujuan modifikasi itu sendiri. Seperti halnya Om Mobi yang mengoprek mobilnya bertenaga besar namun masih bisa digunakan untuk sehari-hari, ada pula yang memodifikasi mobil untuk keperluan kontes. Jadi, Anda ingin modifikasi seperti apa?

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International