IIMS 2020 Batal, IIMS 2021 Masih Sesuai Rencana

17/05/2020 | Fatchur Sag

Penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 tidak mungkin lagi terlaksana. PT Dyandra Promosindo selaku panitia menyatakan membatalkan pameran bergengsi tersebut guna mendukung upaya pemerintah menangani pandemi virus Corona (COVID-19).

Gambar banner IIMS 2020 batal

Pameran IIMS 2020 dinyatakan batal

Sebelumnya Dyandra merencanakan IIMS 2020 tetap dilaksanakan, tapi diundur hingga tanggal yang belum pasti. Menyusul pandemi yang masih berlangsung, sementara pihak pemerintah juga tidak tahu sampai kapan akan berakhir, pameran akhirnya dinyatakan batal.

"Keputusan tidak terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak, utamanya dari sisi kesehatan sekaligus mendukung keputusan pemerintah memutus penyebaran virus Covid-19," tutur Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, dalam keterangan resminya, Jumat (15/5/2020).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Penjualan merosot

Industri otomotif menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi COVID-19, bahkan dalam skala yang cukup besar. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat dalam tiga bulan pertama 2020 penjualan mobil secara retail (diler ke konsumen) mengalami penurunan sebesar 15,9 persen dibanding periode yang sama 2019.

>>> Nyaris Habis, Penjualan Honda Bulan April Diselamatkan Honda Brio

Foto menunjukkan suasana saat pameran IIMS 2019

Penjualan mobil tahun ini merosot terpengaruh COVID-19

Pada bulan April tahun ini lebih merosot lagi. Penjualan mobil secara retail (dari diler ke konsumen) hanya 24.276 unit, turun 60 persen dari bulan yang sama tahun 2019 yang mencapai 60.447 unit. Sementara untuk penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) hanya sebanyak 7.871 unit, turun hampir 90 persen tahun sebelumnya sebanyak 76.800 unit.

Rencana IIMS 2021

Gagal terlaksana pada tahun ini, tidak mengubah rencana pelaksanaan pameran IIMS tahun 2021. Dyandra Promosindo bakal tetap melaksanakannya pada pertengahan hingga akhir Februari 2021 di tempat biasanya, yaitu Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Untuk pagelaran tersebut Dyandra bakal menyelenggarakan dengan wajah baru, determinasi berganda, dan konsep "new normal", dengan semangat perayaan kreativitas, budaya, digital, dan inovasi industri otomotif.

>>> Jika GIIAS 2020 The Series Bisa Digelar, GAIKINDO Bakal Usung yang Terbaik

Gambar banner IIMS 2021

IIMS 2021 masih sesuai rencana

"Kami optimistis sekaligus berharap pandemi Covid-19 segera berlalu. Kami percaya bahwa industri otomotif Indonesia akan segera bangkit dan IIMS adalah jembatan dinamis untuk membangkitkan kembali kejayaan dunia otomotif Tanah Air," tutur pria yang kerap disapa Kohen.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik