Habiskan Setengah Miliar, Ini Dia Ubahan Teknis di Daihatsu Ayla Turbo

10/03/2019 Hafizh Fauzan Event dan Pameran

Tak hanya berbicara tampilan, tapi secara performa Daihatsu Ayla Turbo menjadi mobil mungil bertenaga agresif. Apa resep rahasia yang dilakukan?

Pada GIIAS 2018 lalu, booth Daihatsu dikejutkan oleh sosok mobil konsep Daihatsu Ayla Turbo yang memukau publik karena dua hal. Pertama adalah tampilannya yang sangat agresif, kedua ialah performa mobil ini yang diklaim bisa mencapai 200 PS.

Management ADM Daihatsu Ayla Turbo

Jajaran management beserta tim R&D Astra Daihatsu Motor berpose di depan Daihatsu Ayla Turbo

>>> Review Daihatsu Ayla 1.2 R 2018: Desain Modern nan Ergonomis Daihatsu

Bagaimana bisa sosok mobil mungil yang masuk ke dalam segmen LCGC (Low Cost Green Car) ini memiliki tenaga 2x lipat dari versi aslinya? Nah untuk menguji hal tersebut, tim Mobilmo.com berkesempatan mencoba langsung dalam sesi taxi ride di Test Course PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berlokasi di kota Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/3) lalu.

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi yang maksimal”, ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tidak Hanya Sekedar Pakai Turbo

Aksi Daihatsu Ayla Turbo

Komponen krusial yang membuat mobil ini bisa memiliki power 2x lipat dari aslinya adalah penggunaan turbocharger

Sesuai namanya Daihatsu Ayla Turbo, memang komponen krusial yang membuat mobil ini bisa memiliki power 2x lipat dari aslinya adalah penggunaan turbocharger. Tapi jangan dikira sistem turbo di mobil ini main asal pasang. R&D ADM menghitung aspek-aspek penunjang lain yang membuat sistem turbocharger bisa bekerja sempurna. Alhasil biaya modifikasi mobil ini membengkak hingga menyentuh setengah miliar Rupiah.

“Total biaya modifikasi Ayla Turbo ini mencapai Rp 500 jutaan. Biaya tersebut sudah meliputi semua perubahan, dimana biaya terbesar untuk riset serta pembuatan bodi,” tambah Soni Satriya, Design Engineering Division Research and Development Directorate ADM.

Penampilan mesin Daihatsu Ayla Turbo

Penampilan ruang dapur pacu Daihatsu Ayla Turbo yang terlihat lebih sesak dan penuh komponen pendongkrak tenaga

>>> Jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Pertama ialah dari sektor mesin itu sendiri. Setia dengan mesin 3NR-VE, engineer R&D Daihatsu melakukan rombakan lewat pergantian low compression piston dan connecting rod lebih kuat, serta 2 fuel injector tambahan beserta 3 module piggyback. Turbocharger yang digunakan merupakan keluaran Garrett dengan Turbo A/R 0,5 dan Compressor A/R 0,6.

Selain itu sektor mesin juga mengadopsi penggunaan open air filter, radiator cooling dengan kapasitas lebih besar, intercooler, wastegate, blow off valve, serta pada sistem exhaust menggunakan format free flow dengan pipa knalpot stainless steel berdiameter 2.5 inci. Tak lupa pada sektor distribusi ke tenaga ke roda depan masih mengadopsi transmisi manual dengan ubahan pada rasio gigi ke-4 dari 0.860 ke 0.915.

Kaki-kaki Daihatsu Ayla Turbo

Ubahan di sektor kaki-kaki membuat ground clearance Daihatsu Ayla Turbo sangat rendah

Mari bergeser ke sektor kaki-kaki. Para engineer R&D ADM merombak sistem suspensi dengan penggunaan coilover yang bisa diatur tingkat kekakuan, disertai ubahan pada ulir per yang kini menggunakan diameter 14 mm dari versi aslinya 10 mm. Sektor pengereman menggunakan rem AP Racing 4-pot di depan dan single-pot di belakang. Kemudian untuk pelek dan ban menggunakan pelek JF Luxury dengan material aluminium berdimensi 15 inci, serta ban semi slick berukuran 195/50 R15 dari Achilles.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Penampilan fisik Daihatsu Ayla Turbo

Penampilan fisik Daihatsu Ayla Turbo yang memiliki corak warna terinspirasi Daihatsu Charade DeTomaso

Dari sektor penampilan, jelas ubahan signifikan terlihat dari paras mobil berkelir merah dan hitam yang mengusung tema Thrilling Simplicity, serta khusus corak warna ini diambil dari mobil klasik Daihatsu Charade DeTomaso. Pada fascia depan terdapat ubahan pada area grille lebih besar dan ground clearance super rendah, dipadukan adanya efek fender belakang lebih berotot, serta penggunaan roof spoiler dan diffuser pada bagian belakang siap membuat mobil ini terlihat lebih berotot dan lebih aerodinamis.

Ruang kokpit balap Daihatsu Ayla Turbo

Ruang kokpit a la mobil balap betulan dihadirkan Daihatsu Ayla Turbo

Masuk ke dalam kabin, semua fitur-fitur mobil yang basisnya adalah Daihatsu Ayla 1.2 R M/T ditanggalkan semua. Dashboard memang masih terlihat layaknya Ayla standar, tapi semua fitur sudah dihilangkan berganti pengaturan engine cut-off, instrument cluster digital menggunakan keluaran haltech, serta jok pengemudi menggunakan bucket seat dari Sparco plus seatbelt 5 titik. Tak lupa seluruh area kabin dipasang roll-cage, plus sudah ada alat pemadam kebakaran yang disediakan di dalam mobil. Bisa dikatakan sistem keselamatan di dalam kabin sudah mengikuti standar regulasi yang dikeluarkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca