Autoball, Sejarah 85 Tahun Sepakbola Mobil

09/07/2018| Padli Nurdin

Asal usul autoball dapat ditelusuri hingga kita menemukan Karl Kappler, seorang pembalap sukses tahun 1920an di Jerman. Kappler pensiun pada awal 1930an, tetapi ia masih ingin berpartisipasi dalam acara ketahanan otomotif. Akhirnya, ia bersama beberapa pengemudi lain memainkan pertandingan sepakbola, tapi menggunakan mobil klasik seperti Wanderer W10 dan Mercedes-Benz Type 290.

Gambar yang menunjukan Karl kappler yang sedang memainkan autoball

Karl kappler yang memainkan autoball versi pertama di Jerman

Untuk memainkan permainan ini, Kappler bekerjasama dengan Continental menciptakan bola khusus berdiameter 120 cm. Di pertandingan pertama, Kapller melawan pembalap bernama Willy Engesser dan memenangkan pertandingan. Pertandingan pertama terbukti disenangi penonton hingga Kappler pensiun penuh pada 1935 setelah menjalani empat pertandingan. Tanpa Kappler, autoball dengan cepat mati.

>>> UD Trucks Kuzer siap dijual Juli ini

Kebangkitan autobol di Benua Amerika

Autoball tanpa disadari diciptakan kembali sebagai autobol pada awal 1970an oleh Matio Tourinho, seorang pembalap dan ahli ortopedi di Brasil. Dalam bukunya, Futebol: The Brazilian Way of Life, penulis Alex Bello menerangkan tentang bagaimana permainan ini hadir kembali.

Pabrik Sao Paolo telah membuat bola sepak setinggi 120 cm (lagi) untuk menghormati timnas Brasil. Melihat bola tersebut tak terpakai, seseorang memiliki ide untuk menggunakan kuda untuk menendang bola tersebut. Tapi ide terebut berubah mengerikan karena bola terlalu besar bagi kuda, hingga banyak kuda yang patah kakinya ketika menendang bola tersebut.

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harga juga menguntungkan!

Gambar yang menunjukan pertandingan autoball yang dilaksanakan di Rio de Janeiro

Pertandingan autoball yang dilakukan di Rio de Janeiro

Permainan ini sampai ke telinga Tourinho. Ketika sedang berkendara, dokter ini menemukan cara meng-upgrade permainan ini. Sama seperti yang dilakukan oleh Kappler, ia memutuskan untuk ‘menendang’ bola besar tersebut dengan mobilnya. Dengan demikian, lahirlah autobol.

Tourinho mengorganisir liga dan membuat lapangan pertandingan serta peraturan tentang enam mobil yang berpartisipasi per tim. Aturan autobol kebanyakan dimodelkan seperti aturan sepakbola standar. Tabrakan adalah hal menyenangkan yang membuat 15.000 penggemar hadir untuk melihat menonton. Tetapi krisis minyak yang mempengaruhi ekonomi pada 1973 kembali mengkandaskan permainan ini.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan informasi terbaru hanya di Mobilmo

Kembali ke Eropa

Kematian autobol versi Brasil kembali dibangkitkan sebagai model olahraga versi Yugoslavia. Banyak aturan dan teknik yang sama digunakan dengan cara yang sedikit lebih konservatif. Versi Yugoslavia lebih condong ke sisi sepakbola dibandingkan adu tabrakan.

Pertandingan pertama terjadi pada Mei 1978 dan menarik 1.500 orang. Pecipta dan wasit untuk liga adalah Branimir ‘Joe’ Peric, pembalap reli dan aktor. Di bawah arahan Peric, Zastava 75 Luxbertenaga 25 dk yang dibangun dibawah lisensi Fiat menjadi pilihan untuk kompetisi ini.

Pertandingan autoball pada tahun 1978

>>> Beragam berita unik otomotif lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Versi modern autoball

Dalam dekade-dekade berikutnya, autoball kembali menghilang. Hingga akhirnya Top Gear menghidupkan kembali olahraga ini pada 2005 ketika Toyota mempromosikan Aygo terbaru mereka. Pertandingan mengadu Volkswagen Fox melawa Aygo yang dimenangkan oleh pabrikan asal negeri Park Ji Sung tersebut.

Autoball kembali dipopulerkan di Jerman oleh acara game Schlag den Raab. Autoball November 2007 mengandalkan fitur, dan setelah keberhasilannya, Raab melanjutkan untuk menyelenggarakan autoball Eropa dan Dunia yang disiarkan bertepatan dengan kejuaraan Euro 2008 dan 2012 dan Piala Dunia 2010 dan 2014.

Pertandingan autoball di kejuaraan tahun 2014

Kejuaraan ini ini memiliki sistem eliminasi yang mirip dengan fase knock out turnamen sepak bola. Raab telah mewakili Jerman di setiap kompetisisi, sementara lawannya berasal dari kalangan atlet, musisi, dan aktor. Raab berhasil memenangkan kejuaraan pertama pada 2008 mengalahkan mobil Irlandia yang dikendaraai oleh musisi Joey Kelly.

Turnamen ini juga merangkul kembali negara-negara yang pernah mempopulerkan autoball, seperti Bosnia (sebelumnya bagian dari Yugoslavia) dan Brasil. Menarik minat internasional dari jutaan penonton, autoball telah menjelma menjadi permainan kelas dunia.

>>> Dapatkan beragam berita informasi seputar otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International