Kompetisi Makin Ketat, Daihatsu Perkuat Layanan After Sales

30/01/2018 Mobilmo.com Berita Mobil

Demi jaga posisi sebagai merek terlaris, Daihatsu tidak hanya mengandalkan produk baru untuk bersaing tapi juga memperkuat layanan after sales. Selama sembilan tahun terakhir, Daihatsu selalu menempati posisi kedua merek terlaris di Indonesia setelah Toyota.

Demi jaga posisi sebagai merek terlaris, Daihatsu tidak hanya mengandalkan produk baru untuk bersaing tapi juga memperkuat layanan after sales.

Selama sembilan tahun terakhir, Daihatsu selalu menempati posisi kedua merek terlaris di Indonesia setelah Toyota. Data yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan penjualan tahun 2017 untuk semua model mencapai 185.240 unit. Meski selalu menjadi runner up, Daihatsu tak bisa bersantai. Persaingan semakin ketat karena para kompetitor terus menerus berupaya mengkudeta para lawan yang posisinya lebih tinggi, tak terkecuali posisi Daihatsu. Berbagai produk baru diluncurkan para kompetitor dengan desain yang sedemikian rupa untuk membelokkan fokus para calon konsumen.

Daihatsu Sirion Special Edition di GIIAS 2017

Baca : Kondisi itu membuat Daihatsu merasa perlu dukungan lain diluar produk yang kompetitif, salah satunya adalah layanan purna jual atau after sales. “Makin banyak produk-produk baru dari kompetitor. Karena itu ke depannya perang after sales juga akan semakin penting dan sangat menentukan Daihatsu memenangkan persaingan bisnis,” tutur Supranoto, selaku Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Rabu (24/1/2018). Supranoto juga menghimbau kepada seluruh jaringan resmi Daihatsun di berbagai daerah agar terus mengembangkan kualitas layanan after sales baik itu sumber daya manusia (SDM), maupun fasilitas pendukung yang memenuhi standar. “Himbauan bagi seluruh dealer, agar terus meningkatkan aftersales servis, memenuhi standar pelayanan dan Fasilitas. Kemudian memiliki SDM dengan kemampuan dan kompetensi yang baik, dan menerapkan sistem pelayanan yang bersahabat,” sambung Supranoto.

Bengkel resmi Daihatsu

Kepada media Supranoto menyampaikan pentingnya menjaga kualitas layanan after sales mengingat karakter Indonesia secara mayoritas selalu benar-benar mempertimbangkan dan memperhatikan hal tersebut. “Dari hasil riset ada angka presentase konsumen yang membeli karena aftersales, tapi berapa pastinya saya tidak tahu. Setiap bulan kami mengukur Customer Satisfaction Index CSI), dan itu akhirnya menjadikan standar kami,” kata Supranoto. Saat ini, Daihatsu sedang mengkampanyekan salah satu layanan after sales bernama booking service. Dengan layanan ini pemilik mobil bisa mengatur sendiri waktu untuk melakukan perawatan di bengkel resmi serta menghindari antrean panjang. Fasilitas booking memberikan manfaat yang besar baik itu bagi bengkel maupun buat konsumen. Di bengkel tidak terjadi penumpukan kendaraan yang menunggu untuk diservis. Sedangkan bagi konsumen booking servis membantu efesiensi waktu sehingga tidak banyak waktu terbuang hanya untuk menunggu antrean.

Adu Ketangkasan dalam event Daihatsu National Technical Skill Contest 2018

Baca :

Mungkin anda ingin baca

  • Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi

    06/05/2018

    Agen pemegang merek Hino di Indonesia, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) melakukan langkah besar dalam melayani konsumennya di wilayah Jawa Barat. HMSI resmi menaikkan status dealer Maya Graha Indah (MGI) yang berada di Tasikmalaya dari sebelumnya 1S atau hanya melayani penjualan menjadi 3S atau bakal melayani penjualan, perawatan serta menyediakan berbagai suku cadang kendaraan Hino.

  • Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas

    06/05/2018

    Teddy Sheringham, Legenda klub Manchester United sekaligus timnas Inggris mengunjungi Jakarta dalam rangka promosi perhelatan akbar Piala Dunia 2018 di Rusia. Menjalani aktifitas di ibu kota dari tanggal 2-5 Mei 2018 Sheringham ditemani dua model Hyundai, yaitu H-1 dan Santa Fe.

  • Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan

    06/05/2018

    Merek asal China, Sokon benar-benar merealisasikan rencananya menghadirkan model baru sport utility vehicle (SUV) berharga murah. Di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dibuka tanggal 19 Apil 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Sokon meluncurkan Glory 580.